Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawat Jok Kulit, Cukup Modal Sabun Bayi

Kompas.com - 23/11/2018, 09:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu modifikasi interior yang kerap dilakukan pemilik mobil adalah mengganti lapisan jok menggunakan material kulit atau sintetis. Sayangnya, ketika sudah mengaplikasi, jarang sekali untuk rutin melakukan perawatan.

Padahal cara merawatnya cukup mudah, bahkan tak harus keluar modal banyak. Menurut Edy, selaku spesialis interior dan seat maker Vertue Concept, merawat jok kulit atau material sintetis bisa dilakukan dengan sabun bayi.

"Paling baik yang saya sarankan pakai sabun bayi, itu paling bagus karena sabun bayi itu pH-nya seimbang. Ibaratnya lebih halus dari cairan sabun lainnya," ucap Edy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Unik, Bikin Sarung Mobil Sesuai Aslinya

Namun untuk jenis sabunya, Edy menganjurkan mencari yang model batangan bukan yang cair. Sementara cara penggunaannya, sabun batangan tersebut dipotong kecil-kecil lalu diblender dan dicampur sedikit air.

Menurut Edy, sabun batang memilki serat halus. Serat tersebut bisa sedikit membantu untuk membersihkan atau menggangkat noda pada lapisan kulit jok.

Jok Kulit di GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Jok Kulit di GIIAS 2018
Meski terlihat simpel, namun untuk menjaga agar kulit bisa bertahan lama, menurut Edy baiknya perawaran dilakukan secara berkala. Paling tidak seminggu satu sampai dua kali.

"Minimal satu minggu dua kali, tapi harus dipahami ini konteksnya sebagai perawatan bukan yang benar-benar untuk membersikan. Dengan dirawat material kulit itu akan terjaga, bisa lebih awet dibandingkan yang benar-benar tanpa perawatan," kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com