Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Yamaha mengaku mendapatkan untung karena harga Honda Forza 250 dijual lebih mahal dari XMAX 250. Apabila dibandingkan antara kedua skutik premium yang mengisi ceruk sama, 250cc, selisihnya cukup jauh, mencapai Rp 18,7 juta.

Dana segini bisa untuk beli satu unit motor baru seperti skutik atau sport entry level. Meski tidak secara langsung menyebutkan kalau Forza mahal, pernyataan GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yordan Satriadi sedikit menjurus ke arah itu.

"Saya tidak komen kalau itu (harga kemahalan). Sejak dari GIIAS 2018, saya sudah merasakan ternyata banyak orang setelah lihat merek lain, kemudian datang ke Yamaha, ternyata harganya cuma segini," ujar Yordan akhir pekan lalu di Kota Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Honda Akui Harga Forza Kemahalan Dibanding XMAX

Yordan melanjutkan, kondisi seperti itu menjadikan keuntungan karena kompetitor di kelasnya telah memperluas pasar skutik berkubikasi mesin 250 cc.

Honda Forza 250 di GIIAS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Forza 250 di GIIAS 2018.

"Kita lihat dari sisi positifnya, itu (adanya kompetitor) bagus buat Yamaha," ucap Yordan.

Secara harga, Forza 250 dibanderol Rp 76,5 juta, sedangkan XMAX 250 Rp 57,8 juta. Keduanya sama-sama berstatus on the road DKI Jakarta alias setelah pajak.

Faktor yang menjadikan XMAX 250 bisa lebih murah dari Forza 250 yaitu tempat produksi. Skutik Maxi Yamaha itu sudah dirakit lokal, sedangkan Forza 250 masih diimpor utuh dari Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com