Kompas.com - 20/11/2018, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dalam waktu dekat akan segera diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri, utamanya pedesaan. Mengingat alat ini digunakan untuk beragam keperluan warga desa, apakah diperbolehkan untuk menggunakan dana desa guna membeli AMMDes?

Pertanyaan ini terlontar mengingat pemerintah tercatat sudah mengucurkan ratusan triliun rupiah untuk dana desa selama beberapa tahun terakhir. Menanggapi pertanyaan ini, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto coba menerangkan.

“Itu nanti tergantung dengan desa masing-masing. Yang penting untuk pelaku usaha di desa, AMMDes ini memberikan manfaat, di perkebunan juga sedang didesain,” ucap Airlangga di IMX 2018, Minggu (18/11/2018).

Airlangga menjelaskan, semua produk industri memiliki pasar untuk ditawarkan. Dalam hal AMMDes, pasar yang dituju adalah masyarakat pedesaan yang memiliki kegiatan di area perkebunan.

Baca juga: AMMDes Resmi Diuji Coba Petani Magelang

“Bisa untuk angkutan perkebunan, dan lainnya. Namanya multiguna, bisa juga pasca panen dan penjernihan air, kita tengah siapkan semua,” ucap Airlangga.

AMMDes yang dikembangkan oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) disebut memiliki kandungan lokal mencapai 70 persen. Pembuatan AMMDes sudah melibatkan banyak pemasok industri otomotif dari tier satu sampai dengan tier tiga.

Tahun depan, AMMDes diperkirakan akan diproduksi sebanyak 15.000 unit dengan produksi dilakukan di pabrik Citereup, Jawa Barat dan Ceper, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.