Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Terjatuh, Dovizioso Juara GP Valencia

Kompas.com - 18/11/2018, 21:39 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

VALENCIA, KOMPAS.com- Pebalap Ducati Andrea Dovizioso menjuarai GP Valencia, Minggu (18/11/2018). Dovi berada di depan pebalap Suzuki Alex Rins dan Pol Espargaro dari KTM.

Balapan dimulai kembali setelah sempat terhenti pada lap ke 13 karena hujan. Start dimulai sesuai dengan posisi terakhir pebalap di lap tersebut yang menyisakan 15 pebalap dengan Dovizioso, Rins dan Rossi di posisi terdepan.

Para pebalap kembali ke sirkuit dengan pilihan ban lunak di depan dan belakang. Ini untuk memaksimalkan cengkraman ban selama sisa putaran balapan di sirkuit Ricardo Tormo.

Tikungan pertama dari 14 lap tersisa tetap diisi pebalap teratas. Pebalap KTM Pol Espargaro melewati Dani Pedrosa di tempat keempat. Cukup mengejutkan melihatnya kembali di posisi terdepan setelah di balapan awal sempat terjatuh.

Tidak seperti balapan awal, kondisi balapan lanjutan ini relatif aman dari drama terjatuhnya pebalap. Dovizioso, Rins dan Rossi bahkan menjauh dari rombongan pebalap lain dengan gap hingga 2,3 detik.

Baca juga: Hujan Deras, GP Valencia Dihentikan Sementara

Pada lap ke delapan, Rossi melewati RIns dan mengejar Dovi yang sudah menjauh dengan gap 1,5 detik. 

Perhatian lain datang ke Dani Pedrosa yang membalap untuk terakhir kalinya di MotoGP. Pedrosa dikenal dengan pebalap yang menguasai sirkuit Ricardo Tormo dan menjuarai gelar di sirkuit ini.

Sayangnya usaha Rossi harus terhambat di tikungan ke 12. Ia terjatuh dan menggagalkan usahanya untuk meraih podium di gelaran penutup MotoGP 2018.

Ini membuat Pol Espargaro naik menjadi posisi ketiga. Dovizioso masih berada di depan selama balapan lanjutan ini diikuti Rins yang tampil konsisten sejak awal.

Akhirnya hingga lap terakhir balapan GP Valencia, Dovizioso tak terbendung. Ia memenangi balapan diikuti Rins di tempat kedua dan Pol Espargaro di tempat ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com