Kompas.com - 18/11/2018, 10:31 WIB
Modifikasi AMMDes IMX 2018 stanlyModifikasi AMMDes IMX 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) karya anak bangsa, ikut hadir meramaikan lantai Indonesia Modification Expo (IMX) 2018. Ada dua unit yang dibawa, dan keduanya tampil tak kalah modis dengan deretan mobil modifikasi lainnya.

Menurut Wakil Presiden Direktur PT Kiat Mahesa Wintor Indonesa (KMWI) Dwi Hartono, kedua AMMDes dimodifikasi oleh salah seorang modifikator yang merupakan anggota dari National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

"Jadi yang megerjakan tim dari NMAA, jadi kita hanya menyerahkan unit ini kepada mereka lalu jadi seperti itu. Dua unit ini juga sebagai contoh saja, untuk meramaikan IMX 2018 yang menggangkat industri lokal," kata Dwi kepada beberapa wartawan, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11/2018).

Baca juga: Datang ke IMX, Ketua DPR Kepincut Ford Hot Rod

Usut punya usut, ternyata kedua AMMDes ini hasil garapan Tomi Airbrush. Satu AMMDes digarap dengan tema airbrush bermotif batik yang menghiasi warna putih hingga bagian kap belakang. Sedangakan satunya lagi, tampil lebih berani dengan gaya offroad.

Modifikasi AMMDes IMX 2018stanly Modifikasi AMMDes IMX 2018

Ketika menanyakan mengenai konsepnya, Tomi menjelaskan bila modifikasi AMMDes yang dibuatnya lebih fokus pada penataan tampilan agar lebih menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita bikin lebih bagus, tampilannya lebih oke. Ibaratnya, kita buat orang yang melihat jadi tertarik. Proses pembuatan kurang lebih satu bulan, kalau sama desain dan konsep sekitar satu bulan setengah," ucap Tomi

Untuk tema modifikasi pada tampilan AMMDes berwarna hitam dan oranye dibuat lebih galak dari desain aslinya. Menurut Tomi rombakan pada model yang satu ini jauh lebih banyak dibanginakan yang berkelir putih. Perubahan dan penambahan dilakukan untuk membuat nuasanya lebih menarik.

Modifikasi AMMDes IMX 2018stanly Modifikasi AMMDes IMX 2018
"Dimodifikasi total, ada bumper depan, tanduk-tanduk, kita buatkan gril. Lampu depan kiri-kanan kita pakaikan LED, lalu besi seperti rollbar luar juga kita buatkan. Bak belakang juga dikustom lagi, lalu ditambahkan overvender," ujar Tomi.

Dengan adanya penamabah pelat baru untuk beberapa komponen yang dikustom lalu rollbar luar, menurut Tomi bobot AMMDes masih tidak terlalu berat. Tomi memprediksi bobotnya hanya bertambah sekitar 30 kg.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X