Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tes Psikologi SIM Belum Berlaku di Jakarta

Kompas.com - 16/11/2018, 09:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, menegaskan, bahwa ujian psikologi bagi pemohon surat izin mengemudi (SIM) belum berlaku di DKI Jakarta. Kebijakan tersebut sifatnya otonomi sehingga baru diterapkan di Polda Banten.

Sumardji menjelaskan, ujian psikotes masih dianggap belum penting untuk diterapkan kepada pemohon SIM. Sejauh ini, masih sama seprti sebelumnya, hanya tes kesehatan dan ujian teori hingga praktik.

"Jadi kami mengikuti aturan yang ada dulu saja. Wacana ini sempat ramai dibicarakan masyarakat beberapa bulan lalu, dan sekarang kami tegaskan untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya tidak ada," ujar Sumardji ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (15/11/2018) malam.

Baca juga: Pelaksanaan Uji Psikologi Pemohon SIM Ditunda

Lantas, apakah nanti akan ikut menerapkan seperti Polda Banten? Sejauh ini lanjut Sumardji belum ada arahan atau perbincangan sampai ke arah itu.

"Jadi kami masih sama seperti biasanya, kalau Polda Banten mungkin merasa perlu menerapkan itu. Kalau di kami belum," kata Sumardji lagi.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya pernah membuat simulasi uji psikologi pada 31-23 Juni 2018. Namun, berdasarkan kesepakatan bersama, maka rencana tersebut ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com