Fakta Balapan MotoE, dari Spesifikasi Sampai Jadwalnya

Kompas.com - 15/11/2018, 08:42 WIB
MotoE akan dimulai pada musim 2019.CRASH.net MotoE akan dimulai pada musim 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Balapan motor listrik yang menjadi kelas baru di ajang MotoGP, MotoE, resmi bakal di mulai musim 2019. Pihak penyelenggara sudah melakukan finalisasi mulai dari daftar pebalap yang ikut, jadwal, spesifikasi dan juga regulasinya.

Berdasarkan rilis detail dari pihak FIM mengutip Crash.net, Rabu (14/11/2018) spesifikasi teknis motor yang dipasok oleh Energica Ego Corsa juga sudah selesai. Tes MotoE resmi akan berlangsung di Jerez pada 23-25 November.

Spesifikasi

Motor listrik di MotoE punya kapasitas baterai sekitar 20 Kwh, powernya bisa sampai 120Kw (sekitar 160 tk) dan kecepatan maksimum yang bisa diraih mencapai 270kpj. Sistem pengereman menggunakan Brembo, suspensi Öhlins, dan pelek Marchesini.

Motornya akan identik satu dan lainnnya tetapi beberapa bagian, misalnya spring, boleh disesuaikan tergantung pada preferensi pengendara. Semua mesin MotoE akan di-charge menggunakan panel surya yang disediakan oleh Enel, yang secara terus menerus diisi ulang antara setiap sesi.

Baca juga: Era Elektrifikasi Berlangsung di MotoGP 2019

Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.MotoGP Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.

Jadwal Balapan

Terkait dengan jadwal balapnya sendiri, akan ada dua sesi latihan bebas pada hari Jumat (FP1 dan FP2) diikuti oleh satu sesi kualifikasi pada hari Sabtu. Kemudian balapannya akan dilangsungkan pada Minggu, dan dilakukan sebelum perlombaan Moto3 di setiap acara.

Jadwalnya ada lima putaran di mulai dari Jerez kemudian ke Le Mans, Sachsenring, Spielberg dan di mana putaran keempat dan kelima akan berlangsung di Misano (Sabtu dan Minggu). Balapan di Misano akan berlangsung pada hari Sabtu setelah kualifikasi, dan balapan kedua pada hari Minggu.

Regulasi

Pebalap MotoE tidak akan diizinkan untuk balapan di kelas Grand Prix lainnya, pada waktu yang sama pada lima tanggal kalender FIM Enel MotoE World Cup.

Para petinggi FIM, IRTA, Dorna dan perwakilan dari tim-tim balap yang hadir saat pengumuman mengenai akan digelarnya FIM Enel MotoE World Cup mulai musim 2019 jelang seri GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).Twitter/MotoGP Para petinggi FIM, IRTA, Dorna dan perwakilan dari tim-tim balap yang hadir saat pengumuman mengenai akan digelarnya FIM Enel MotoE World Cup mulai musim 2019 jelang seri GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).

Terkait dengan pengujian, ada larangan untuk mengetes motor listrik apa pun di sirkuit balap untuk semua pengendara resmi MotoE.

Ketentuan ban sendiri, pemasoknya Michelin dan akan menyediakan satu jenis ban slick depan dan belakang, lalu satu jenis ban hujan setiap balapan di hari Minggu. Spesifikasi dapat berubah sesuai dengan tata letak trek.

Halaman:



Close Ads X