Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2018, 16:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masuk musim penghujan, baiknya mulai lagi lakukan pengecekan pada kendaraan. Jika bagian mesin sudah aman, lanjutkan periksa komponen yang sangat mendukung ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Tentu saja tujuannya biar berkendara lebih nyaman, dan paling penting lagi adalah aman. Pasalnya jika diabaikan, bukan tidak mungkin membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, setidaknya ada lima bagian yang harus baik kondisinya.

Pertama dan yang terpenting adalah karet wiper. Pastikan kemampuannya meyapu air dari kaca sangat baik, dan sebaiknya diganti segera mungkin ketika sudah tidak sempurna lagi. Lebih dari itu, bila kondisi karet sudah tidak baik, bisa merusak kaca karena gesekan.

Baca juga: Tips Jaga Rem Mobil Supaya Lebih Awet

Kedua, perhatikan kaca yang berjamur. Ini perlu dilakukan perawatan dan dibersihkan segera, supaya pandangan jelas ketika berkendara di saat hujan .

Ketiga, komponen rem juga bisa menjadi perhatian, karena bila tak bagus performanya, terkadang suka terjadi gejala nyelonong yang tentu akan membahayakan. Jadi butuh pembersihan dan perawatan.

Keempat, pastikan juga kondisi lampu-lampu kendaraan berkerja maksimal, untuk mengantisipasi ketika terjadi hujan lebat saat berada di jalan. Sehingga bisa menjadi penanda bagi kendaraan lain agar tidak terjadi accident.

Kelima, yang tak kalah pentingnya adalah kembangan ban. Apabila sudah botak sebaiknya dilakukan penggantian. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com