Bicara Soal Keamanan Tangki BBM Yamaha Freego

Kompas.com - 12/11/2018, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha telah memperkenalkan produk skutik baru FreeGo pada pameran roda dua beberapa waktu lalu. Motor bermesin 125 cc ini hadir dengan desain tangki bahan bakar yang cukup unik yakni berada di bawah dek pijakan kaki.

Perubahan letak tangki ini membuat cara pengisian ikut berubah. Lubang pengisian bahan bakar FreeGo saat ini berada di bawah kemudi  dengan tombol pembuka tutup tangki berada di area lubang kunci.

“Soal tangki itu objektifnya memang berada di depan, pertama untuk kemudahan dan juga untuk desain bagasi lebih luas. Meski cuma 125 cc ini sebuah inovasi baru,” ucap General Manager Aftersales Service & Motorsport Yamaha Manufacturing Motor Indonesia (YIMM), M. Abidin beberapa waktu lalu.

Posisi tangki yang berada di bawah dek juga menimbulkan pertanyaan tersendiri. Bagaimana dengan keamanannya terutama bila berbenturan dengan benda-benda di perjalanan.

Baca juga: Yamaha FreeGo Pionir Skutik Murah Pakai ABS

Posisi tangki bahan bakar Freego ada di bagian bawah deck kaki pengendaraKompas.com/Setyo Adi Posisi tangki bahan bakar Freego ada di bagian bawah deck kaki pengendara

Abidin mengungkapkan Yamaha sudah memikirkan keamanan tersebut dengan meletakkan tangki yang memiliki volume 4,2 liter tersebut diantara frame dan menambahkan pelindung berupa plat baja untuk keamanan.

"Jadi tidak perlu khawatir. Itu terlindung sekali," ucap Abidin.

Desain ini pun dikatakan menarik banyak pengunjung pameran saat peluncuran freego lalu.

“Hasilnya saat pameran kemaren banyak konsumen yang tertarik karena konsepnya unik, ada motor kecil dengan bagasi besar, 25 liter. Selain itu juga dari ban 12 inci, yang penting mereka lihat safety,” ucap Abidin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.