Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2018, 15:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha telah memperkenalkan produk skutik baru FreeGo pada pameran roda dua beberapa waktu lalu. Motor bermesin 125 cc ini hadir dengan desain tangki bahan bakar yang cukup unik yakni berada di bawah dek pijakan kaki.

Perubahan letak tangki ini membuat cara pengisian ikut berubah. Lubang pengisian bahan bakar FreeGo saat ini berada di bawah kemudi  dengan tombol pembuka tutup tangki berada di area lubang kunci.

“Soal tangki itu objektifnya memang berada di depan, pertama untuk kemudahan dan juga untuk desain bagasi lebih luas. Meski cuma 125 cc ini sebuah inovasi baru,” ucap General Manager Aftersales Service & Motorsport Yamaha Manufacturing Motor Indonesia (YIMM), M. Abidin beberapa waktu lalu.

Posisi tangki yang berada di bawah dek juga menimbulkan pertanyaan tersendiri. Bagaimana dengan keamanannya terutama bila berbenturan dengan benda-benda di perjalanan.

Baca juga: Yamaha FreeGo Pionir Skutik Murah Pakai ABS

Posisi tangki bahan bakar Freego ada di bagian bawah deck kaki pengendaraKompas.com/Setyo Adi Posisi tangki bahan bakar Freego ada di bagian bawah deck kaki pengendara

Abidin mengungkapkan Yamaha sudah memikirkan keamanan tersebut dengan meletakkan tangki yang memiliki volume 4,2 liter tersebut diantara frame dan menambahkan pelindung berupa plat baja untuk keamanan.

"Jadi tidak perlu khawatir. Itu terlindung sekali," ucap Abidin.

Desain ini pun dikatakan menarik banyak pengunjung pameran saat peluncuran freego lalu.

“Hasilnya saat pameran kemaren banyak konsumen yang tertarik karena konsepnya unik, ada motor kecil dengan bagasi besar, 25 liter. Selain itu juga dari ban 12 inci, yang penting mereka lihat safety,” ucap Abidin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com