Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Kreasi Mahasiswa Ini Mau Diuji Jalan 15.000 Km

Kompas.com - 12/11/2018, 15:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik hasil kolaborasi antara dua perguruan tinggi, Universitas Budi Luhur dan ITS, Blits mau mengikuti Rally Dakar. Sebagai persiapan, akan diuji keliling nusantara dengan jarak kurang lebih 15.000 km.

Perjalanan akan dimulai dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak, Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke, Kupang, Labuan Pajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi dan berakhir di Surabaya.

"Proyek Blits ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen untuk melahirkan mobil listrik," kata Rektor Universitas Budi Luhur Didik Sulistyanto dalam siaran resmi, Senin (12/11/2018).

Baca juga: Hasil Kesimpulan Studi Mobil Listrik Tahap Pertama

Blits ini sendiri memang didesain untuk mengikuti Rally Dakar Argentina, di mana dari tubular sasis, bentuk bodi, elektric motor, sampai dengan ketahan baterai menjadi perhatian utama.

BLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya.Dokumen/ITS dan UBL BLITS, mobil listrik karya kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut 10 November Surabaya.

"Maka kita targetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia," kata Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Mobil listrik nasional ini memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk Explore Indonesia dengan Blits Battery Pack berkapasitas, yang punya kapasitas maksimal 90kWh, maximum voltage 380V, base voltage 350V, max discharge current 777A, dan base discharge current 259A.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com