Melihat Ubahan Desain Yamaha R25 Terbaru Lebih Dekat - Kompas.com

Melihat Ubahan Desain Yamaha R25 Terbaru Lebih Dekat

Kompas.com - 12/11/2018, 14:42 WIB
Yamaha R25 terbaru hadir dengan beberapa perubahanKompas.com/Setyo Adi Yamaha R25 terbaru hadir dengan beberapa perubahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menghadirkan R25 pada pertengahan Oktober lalu, Yamaha mengajak media untuk menjajal motorsport terbaru ini di Sirkuit Sentul. Motor 250 cc ini ditawarkan dengan beberapa perubahan, namun seperti apa dampak perubahan tersebut?

Desain

Yamaha R25 terbaru hadir dengan perubahan desain fairing yang diberi nama fairing cross layered. Penggunaan lampu LED pada headlamp menambah kesan modern dan mendekatkan pada desain milik R6.

Ada lubang besar di tengah fairing R25. Tujuannya untuk aerodinamis serta untuk pendinginan pasokan udara menuju radiator.

Yamaha mengklaim mereka berfokus pada desain fairing untuk mengoptimalkan aliran udara yang menambah performa motor ini. Hasilnya nilai hambatan angin R25 diklaim berkurang dari model sebelumnya.

Perubahan lainnya adalah di bagian tangki yang mengakomodir kenyamanan berkendara. Tinggi kemudi juga lebih rendah 22 mm dibanding model sebelumnya yang pembahasannya akan kita singgung di bagian handling.

Baca juga: Tanpa VVA, R25 Dianggap Sudah Penuhi Kebutuhan Penggemar

Dari kemudi, berada di atas R25 pengendara diberikan tampilan full digital LCD untuk meter cluster. LCD ini cukup terang saat berada di luar ruangan dan masih dapat dilihat dengan jelas.

Terdapat beragam informasi di dalam meter cluster tersebut diantaranya odometer, trip, suhu mesin, penunjuk bensin, konsumsi bahan bakar, speedometer, penunjuk RPM, dan shift light indicator. Tombol di kemudi juga cukup sederhana dengan sentuhan ala big bike hadir dari tombol starter di sebelah kanan.

Dari desain ini masukannya hanya satu yakni penggunaan model lampu sein kuping di motor ini. Sebenarnya akan lebih menarik jika lampu sein dijadikan menyatu dengan lampu utama di depan atau stoplamp di belakang.

Yamaha memperkenalkan R25 dan R3 terbaruKompas.com/Setyo Adi Yamaha memperkenalkan R25 dan R3 terbaru

Dimensi

Ukuran dimensi R25 tidak berubah dibanding model sebelumnya. R25 terbaru memiliki panjang 2.090 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.125 mm.

Berada di atas jok R25 yang memiliki ukuran tinggi 780 mm tidak begitu sulit untuk tinggi rata-rata orang Indonesia. Kaki masih mudah menapak menjaga keseimbangan motor saat diam.

Penasaran dengan bahasan performa dan handling? Kita simak di artikel berikutnya.

 



Close Ads X