Fitur ABS Freego Tidak Dapat Dipasang di Model Lain - Kompas.com

Fitur ABS Freego Tidak Dapat Dipasang di Model Lain

Kompas.com - 12/11/2018, 13:42 WIB
Yamaha FreeGo IMOS 2018stanly Yamaha FreeGo IMOS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Freego jadi skutik Yamaha berkapasitas mesin kecil yang sudah memiliki fitur antilock braking system (ABS). Yamaha mengungkapkan fitur tersebut cocok dengan karakter konsumen Freego yang merupakan pemula dalam berkendara.

Keberadaan fitur ini membuat konsumen lain bertanya, apakah fitur ini dapat dibeli terpisah untuk ditambahkan pada produk skutik Yamaha Mio? 

“Motor skutik Mio tidak bisa dipasang dengan sistem ABS milik Freego. ECU-nya berbeda,” ucap General Manager Aftersales Service & Motorsport Yamaha Manufacturing Motor Indonesia (YIMM), M Abidin beberapa waktu lalu.

Penambahan fitur ABS tidak hanya berupa fisik yakni penambahan speed sensor di bagian kaki-kaki sepeda motor. Penambahan fitur ABS jauh lebih kompleks dari itu.

Baca juga: Daya Tarik Freego, Skutik Baru Yamaha

Produsen harus mengganti ECU untuk memastikan fitur tersebut bekerja. ABS sendiri adalah fitur yang menjaga roda terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak.

Penambahan fitur ini pun membuat selisih Rp 2,8 juta dengan model standar tanpa ABS. Freego standar dibanderol Rp 19,7 juta sedangkan Freego S ABS dibanderol Rp 22,5 juta.



Close Ads X