Agar Liburan bersama Keluarga Nyaman dan Aman, Cermati Hal Ini - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Suzuki

Agar Liburan bersama Keluarga Nyaman dan Aman, Cermati Hal Ini

Kompas.com - 09/11/2018, 08:30 WIB
Ilustrasi liburanSHUTTERSTOCK Ilustrasi liburan

KOMPAS.com – Senyum lebar tampak merekah di wajah Jasmine (12) dan Toni (9). Kedua bola matanya pun tampak berbinar melihat pemandangan pegunungan yang begitu indah.

Tak ingin melewatkan momen ini, Jasmine pun mengambil telepon pintarnya dan berswafoto dengan latar pegunungan yang berbaris.

Melihat hal tersebut, Toni tak mau kalah. Dengan sigap ia menempel sang kakak dan memintanya untuk berswafoto bersama.

Selagi kedua anaknya sedang asik memotret di kursi belakang, sang ayah pun memainkan sebuah lagu bernuansa riang. Lagu Happy yang dinyanyikan oleh Pharrel Williams menjadi pilihannya untuk menemani perjalanan saat itu.

Ya, begitulah suasana menyenangkan keluarga Jasmine menikmati perjalanan darat saat liburan.

Melakukan perjalanan darat atau lebih dikenal dengan road trip memang menyenangkan, apalagi bersama keluarga tercinta. Namun, perjalanan darat ini juga harus dipersiapkan dengan baik dan matang.

Tujuannya supaya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan untuk Anda dan keluarga pada saat perjalanan. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa tips berikut ini.

1. Pilih kendaraan transportasi yang tepat

Sebuah kendaraan punya peran vital dalam perjalanan darat. Oleh karena itu, Anda harus dengan seksama menentukannya.

Pertama-tama, Anda bisa sesuaikan jumlah penumpang yang akan ikut dalam perjalanan. Ketika jumlah sudah diketahui, maka Anda bisa memilih mobil yang bisa menampung seluruh penumpang. Misalnya, ketika ada 6 orang anggota keluarga yang ikut, maka mobil jenis MPV bisa dijadikan pilihan.

Salah satu MPV yang bisa Anda pilih adalah Suzuki All New Ertiga. Dengan interior kabin yang lapang, Anda dan keluarga bisa dengan nyaman berada di dalam mobil selama perjalanan liburan.

Selain itu, kombinasi head unit yang canggih juga membuat dashboard terasa elegan. Sederet fitur fungsional seperti head unit touchscreen selebar 6,8 inci, ventilated cup holder, USB charging port, dan double blower semakin menambah kenyamanan penumpang.

Untuk sisi eksterior, mobil ini sudah dibekali projector headlamps yang mampu menerangi jalanan malam hari dengan baik, lampu belakang LED dengan light guides, dan desain grille yang tampak dinamis.

Selanjutnya, pilihlah kendaraan yang irit bahan bakar. Untuk hal ini, Anda juga bisa mempercayakannya pada mobil ini.

Dengan penerapan teknologi rangka heartect yang kokoh, performa komponen mesin, transmisi, suspensi, dan sistem pengereman akan bertautan secara presisi sehingga lebih irit bahan bakar dan stabil di perjalanan.

Untuk info lebih lengkapnya, silakan kunjungi halaman resmi Suzuki dan jangan lewatkan juga program Tripl3 Bonus yang sayang untuk dilewatkan.

2. Mengatur pakaian yang akan dibawa

Ketika liburan, pakaian menjadi hal penting untuk dicermati. Namun, jika tidak dipersiapkan secara seksama, masalah pakaian bisa menjadi merepotkan. Untuk itu, aturlah dan bawalah pakaian secukupnya yang dibutuhkan agar tidak memakan banyak ruang pada tas.

Selanjutnya, gunakan beberapa tas yang berbeda dan berilah label keterangan untuk memisahkan beberapa bagian pakaian Anda. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk diambil ketika dicari.

Ilustrasi liburan dengan mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi liburan dengan mobil

3. Menyediakan perbekalan yang cukup

Perbekalan menjadi salah satu hal yang penting bila Anda ingin melakukan perjalanan darat. Selain bisa menghemat anggaran, dengan membawa perbekalan Anda pun bisa langsung menyantapnya di dalam mobil tanpa harus menepi dan menghabiskan waktu.

Selain membawa makanan inti seperti nasi, sayuran, dan lauk pauknya, Anda juga bisa membawa camilan untuk melawan rasa lelah dan kantuk di perjalanan.

Melansir artikel Kompas.com pada Kamis, (4/10/2018), bawalah camilan yang bergizi dan rendah gula, seperti camilan kerupuk, popcorn, protein bar, dan kacang-kacangan. Hal ini untuk mengurangi sakit kepala dan stres yang mungkin saja Anda rasakan pada kondisi jalan yang tidak baik atau macet.

4. Jangan abaikan barang-barang kecil ini

Di tengah perjalanan, hal-hal yang tidak diinginkan mungkin bisa saja terjadi. Misalnya baterai telepon genggam Anda tiba-tiba habis, terserang flu secara mendadak, atau bahkan mobil yang Anda tumpangi mogok di tengah jalan.

Nah, untuk itu Anda harus siap menanggulangi masalah-masalah tersebut bila perjalanan tidak ingin terganggu.

Oleh karenanya, jangan lupa untuk membawa serta barang-barang kecil yang bisa saja dibutuhkan. Contohnya seperti charger ponsel, powerbank, kotak P3K, perkakas perbengkelan, tisu basah dan kering, serta beberapa kantong plastik untuk menaruh sampah.

Ilustrasi mesin mobil overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat

5. Mengecek kendaraan sebelum berangkat

Sebelum memulai perjalanan, periksa dan pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan sempurna. Cek ulang kondisi ban, aki, keadaaan radiator, serta cermati pula pelumas atau oli mesin.

Jika perawatan ini sudah Anda lakukan, maka performa si kuda besi pun akan maksimal sehingga perjalanan liburan Anda akan nyaman, aman, dan menyenangkan.

Selamat liburan!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: