Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah "Smart Key" Terpasang pada Ninja 250 Lawas?

Kompas.com - 05/11/2018, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sudah memperkenalkan pembaruan dari Ninja 250 model year 2019 pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 pekan lalu. Motor sport 250 cc ini hadir dengan fitur smart key sebagai penambahan paling menarik perhatian.

Fitur yang diberi nama Kawasaki Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS) ini sayangnya tidak diberikan pada varian standar model year 2019. Sebagian penggemar Kawasaki kemudian bertanya, apakah fitur smart key ini dapat dipasangkan pada varian standar atau model lama Ninja 250.

“Saya bilang memungkinkan. Tetapi dengan catatan akan membutuhkan banyak komponen tambahan, cukup rumit,” ucap Deputy Head Sales and Promotion Division PT KMI Michael C Tanadhi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Michael mengungkapkan pihaknya sendiri saat ini hanya menyediakan spare part smart key yang sudah ada untuk berjaga misal ada yang kuncinya hilang. Untuk model lama, Michael pun mengungkapkan akan sangat banyak bagian motor yang harus di tambahkan. 

Baca juga: Pakai Fitur Baru, Kawasaki Makin Andalkan Ninja 250

“Kalau beda harga dengan yang model lama dengan model baru dengan fitur smart key ini sekitar Rp 2 juta. Ubahannya dari standar ke smart key sangat banyak,” ucap Michael.

Cara penggunaan kunci ini cukup mudah. Pengendara cukup mengantongi kunci yang akan mengirimkan sinyal dalam jarak dua meter kepada KIPASS ECU. Sinyal kemudian dikirim ke starter mesin untuk dapat menyalakan mesin Ninja 250 ini.

"Penambahan fitur ini berdasarkan survey konsumen. Mereka bilang yang paling ingin ditambahkan pada model terbaru Ninja adalah fitur keamanan ini," ujar Michael.

Produk Ninja terbaru ini hadir dengan empat varian yakni Ninja 250 Std yang dilabeli harga Rp 61,9 juta, Ninja 250 SE (cat magnetic) Rp 69,9 juta, Ninja 250 ABS SE Rp 74,1 juta, dan Ninja 250 ABS SE MDP Rp 74,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.