Pameran Diecast Jadi Ajang Kumpul Industri Kreatif

Kompas.com - 03/11/2018, 14:42 WIB
Pameran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 jadi ajang berkumpul para penggemar hobi mobil-mobilan. Kompas.com/Setyo AdiPameran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 jadi ajang berkumpul para penggemar hobi mobil-mobilan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 resmi dibuka, Sabtu (3/11/2018). Pameran yang berlangsung di ICE, BSD ini menjadi tempat penggemar mobil miniatur berkumpul.

Sejak pukul 09.30 WIB antrian pengunjung sudah mulai terlihat di area masuk pameran. Para pengunjung ini bervariasi mulai tua muda, dewasa maupun anak-anak yang ingin melihat dan berbelanja mainan dan barang koleksi terbaru di pameran tahunan tersebut.

"Dari ekonomoi, pameran tahunan ini diharapkan dapat meraih hasil penjualan yang lebih besar dari tahun lalu yakni Rp 3 miliar. Namun lebih penting ini jadi ajang berkumpulnya para pecinta diecast untuk dapat menumbuhkan potensi kreatifitas para penggemarnya dalam wadah positif," ucap Pembina pameran IDE, Soeyono dalam sambutannya.

Soeyono menilai saat ini hobi diecast sudah berkembang ke arah ekonomi kreatif. Ini dilihat dari banyaknya produk karya anak bangsa yang ikut menunjang maraknya hobi ini di Tanah Air.

"Para pehobi ini menyediakan bahan untuk memodifikasi mobil-mobilan tersebut. Ada juga yang buat kotak lemari untuk diecast sampai memanfaatkan masa kampanye untuk membuat edisi khusus kampanye. Berkembangnya pasar hobi ini juga terlihat dari penyelenggaraan yang sekarang didukung sponsor," ucap Soetoyo.

Baca juga: IDE Gelar Sayembara Kustom Miniatur Honda Civic Type R

Pameran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 jadi ajang berkumpul para penggemar hobi mobil-mobilan. Kompas.com/Setyo Adi Pameran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 jadi ajang berkumpul para penggemar hobi mobil-mobilan.

Penyelenggaraan IDE 2018 kali ini didukung secara penuh oleh Shopee. Digital marketplace diharapkan dapat meningkatkan gelaran kegiatan tahunan ini unuk menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas.

Bertempat di area pameran seluas 5.000 meter persegi, IDE 2018 juga disuguhkan mobil-mobil ukuran sebenarnya untuk merepresentasikan model-model populer di dunia diecast. Sebut saja ada Ferrari, Land Rover, Datsun 510, Honda Civic type R serta beberapa model mobil lainnya.

Berbagai kegiatan dilaksanakan pada pameran ini antara lain, lomba modifikasi diecast, diskon beragam mainan serta kumpul komunitas mobil mini beragam model. Tidak ketinggalan lelang diecast yang diharapkan dapat memecahkan rekor lelang tahun lalu yakni Rp 32 juta untuk model Morris Mini.

IDE 2018 berlangsung hingga Minggu (4/11/2018). Harga tiket per orang Rp 50.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.