Draf Perpres Kendaraan Listrik Terbaru, Beragam Insentif Disiapkan

Kompas.com - 02/11/2018, 09:02 WIB
Ilustrasi mobil listrik
KOMPAS/SYAMSUL HADIIlustrasi mobil listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada tulisan sebelumnya sudah dijabarkan pasal 15 pada Bab IV, soal siapa saja pihak yang bakal menerima insentif fiskal dan nonfiskal, pada draf Perpres Kendaraan Listrik terbaru (Sesuai Pembahasan 6 September 2018) yang diterima redaksi KOMPAS.com.

Kali ini giliran membahas soal lanjutan dari Bab IV tentang Fasilitas, yang tercantum di dalam pasal 16-17. Insentif ini terbilang penting dalam mendorong pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri.

Walaupun dari kritik yang dilontarkan Muhammad Nur Yuniarto, Peneliti Kendaraan Listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan juga kepala proyek calon skuter listrik nasional Gesits, masih belum memihak pemain lokal.

Pasalnya tak ada perbedaan antara yang didapatkan produk lokal yang mereknya asli milik anak bangsa, dengan merek asing yang basisnya di luar negeri.

Baca juga: Bocor, Draf Perpres Kendaraan Listrik Terbaru 2018 Siap Teken

Draf Perpres kendaraan listrik terbaru sesuai pembahasan 6 September 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Draf Perpres kendaraan listrik terbaru sesuai pembahasan 6 September 2018.

 

Berikut lengkapnya.

Pasal 16

(1)   Fasilitas fiskal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 ayat (2) dapat berupa:

a. Fasilitas bea masuk atas importasi Kendaraan Bermotor Listrik dalam keadaan terurai lengkap (Completely Knocked Down/CKD), Kendaraan Bermotor Listrik dalam keadaan teruari tidak lengkap (Incompletely Knocked Down/IKD),  atau komponen utama tertentu untuk jumlah dan jangka waktu tertentu.

b. Fasilitas pajak penjualan atas barang mewah.

c. Fasilitas pembebasan/pengurangan pajak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.