Skuter Listrik Gesits Sudah Dilirik 3 Negara

Kompas.com - 30/10/2018, 09:02 WIB
Skuter listrik Gesits. ISTIMEWASkuter listrik Gesits.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits dijadwalkan segera diproduksi massal dan meluncur di Indonesia. Skuter listrik hasil riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan Garansindo, dan dikawal ketat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) itu ternyata sudah dilirik oleh negara lain.

Skuter listrik yang juga banyak mendapat dukungan dari akademisi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) itu setelah dijual di Indonesia akan diekspor ke beberapa negara di dunia.

“Saya baru bisa menginformasikan ada tiga negara yang sudah tertarik dengan Gesits. Dua negara di ASEAN dan satu lagi dari Eropa,” ujar CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (28/10/2018).

Namun, pria yang akrab disapa Memet itu belum bisa menyebutkan nama negara tersebut. Tetapi, setelah dijual di Tanah Air, dia berjanji akan mengekspor skuter listrik tersebut ke beberapa negara.

Baca juga: Gesits Menolak Jadi Anggota AISI

“Inginnya kita juga segera diluncurkan, semuanya sudah siap hanya menunggu momen saja, karena saya tidak mau Gesits ini nantinya menjadi bahan politik. Isu politik sedang hangat-hangatnya sekarang ini,” kata Memet.

Dukungan Gesits sampai menuju jalur produksi massal terus mengalir. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, PT PIndad, PT Len Industri dan PT Pertamina juga ikut menyukseskan skuter listrik ini.

Bahkan sampai pihak swasta juga ikut mendukung, seperti PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) untuk masalah jaringan dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.