Suzuki Klaim Wagon R Moncer di Pakistan

Kompas.com - 29/10/2018, 08:22 WIB
Suzuki melakukan penyegaran ringan pada mobil murah andalan, Karimum Wagon R. Stanley R/KompasOtomotifSuzuki melakukan penyegaran ringan pada mobil murah andalan, Karimum Wagon R.
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com – Meski di Indonesia penjualan Karimun Wagon R lesu, namun PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengkalim telah membukukan ekspor city car ini dalam kondisi completely knock down ( CKD) sebanyak 78.384 unit. Pencapaian tersebut menjadikan Karimun Wagon R sebagai produk Suzuki dengan jumlah eskpor tertinggi dalam bentuk CKD.

Menurut Departemen Head of Export Import SIM Hady Surjono Halim, penerimaan Karimun Wagon R sangat baik. Sejak diekspor ke Pakistan, jumlah permintaannya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Hal ini tentunya sangat membanggakan bagi kami, karena Karimun Wagon R produksi pabrik Tambun bisa diterima dengan baik di Pakistan. Raihan ini terus memacu kami untuk memenuhi dan mengembangkan pasar ekspor di Pakistan, sehingga bisa berkontribusi lebih besar lagi bagi ekspor Indonesia,” kata Hady dalam siaran resminya, Sabtu (27/10/2018).

Baca juga: Mobil Murah Suzuki Justru Laku di Luar Negeri

Sejak Januari hingga September 2018, sudah 23.712 unit Karimun Wagon R telah diekspor. Jumlah pada periode tersebut menggalami peningkatan 27 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya 18.720 unit.

Berdasarkan hasil positif tersebut, SIM menargetkan akan mengapalkan 32.400 unit Karimun Wagon R hingga akhir 2018. Selain mengekspor kendaraan ke Pakistan, Suzuki juga telah mengekspor 39.336 buah komponen knock down Wagon R ke India pada periode Januari-September 2018.

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018
Baca juga: 50 Prototipe Suzuki Wagon R Listrik Mulai Tes di Jalanan

Sebelumnya, Presiden Komisaris Indomobil Group Subronto Laras, sempat mengakui bahwa pasar Karim Wagon R di Indonesia tidak berhasil. Namun dia cukup bangga karena produknya bisa diserap di manca negara.

“Terus terang saja, kita tidak malu mengakui (Karimun Wagon R) kurang berhasil. Tapi kita juga bangga karena ekspor ke Pakistan,” ujar Soebronto beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Karimun Wagon R memang tidak begitu dominan dibandingkan rival lainnya. Dari Januari hingga September 2018 penjualan Karimun Wagon R hanya terdistribusi sebanyak 3.552 unit.


Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X