Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Pentingnya Jaga Tekanan Udara Ban Kendaraan

Kompas.com - 27/10/2018, 13:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban menjadi salah satu perangkat penting untuk kendaraan. Tanpa ban kendaraan tidak dapat berjalan dan sudah pasti tidak ada pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain.

Namun sebenarnya apa fungsi utama ban? Dikutip dari buku panduan keselamatan Goodyear, dijelaskan bahwa ban memiliki beberapa fungsi utama.

Pertama ban menopang berat kendaraan. Berat kendaraan (mobil) hampir mencapai 1,6 ton atau mendekati berat 32 orang dewasa. Ini sebabnya tekanan angin yang tepat membantu ban berfungsi maksimal menopang berat kendaraan.

Kedua, fungsi ban menyerap benturan saat kendaraan berjalan di area yang tidak rata. Udara di dalam ban berfungsi sebagai pegas.

Ketiga, ban meneruskan fraksi dan gaya pengereman. Ban bekerja dengan memanfaatkan gaya gesek dan momentum antara permukaan jalan dan telapak ban.

Baca juga: Ingat Pentingnya Merotasi Ban Mobil

Keempat, mengubah dan mengarahkan laju kendaraan. Ban yang baik akan mengikut perubahan yang terjadi pada batang kemudi sesuai dengan arah yang dikehendaki oleh pengemudi.

Dari beragam fungsi di atas mengartikan ban menjadi satu-satunya perangkat yang merespon maksud pengemudi dan tenaga kendaraan. Ketika ingin melaju maka pengemudi akan menekan pedal gas, begitu juga saat ingin memperlambat akan menekan pedal rem, ketika ingin berbelok maka akan memutar lingkar kemudi.

Ini sebabnya menjaga ban selalu dalam tekanan udara normal itu penting karena menjadi satu-satunya cara agar fungsi ban bisa terjadi secara maksimal. Bidang kontak antara ban dan jalan dikatakan hanya sebesar ukuran kartu pos, yang membuat tuntutan untuk tekanan udara sesuai ketentua sangat penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com