AHM Tunjuk 3 Siswa Regional Terbaik AHSC 2018

Kompas.com - 20/10/2018, 08:42 WIB
Tiga siswa pemenang AHSC 2018 -Tiga siswa pemenang AHSC 2018
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menjalani kompetisi dan penjurian yang terukur, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memilih tiga siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan terbaik dalam ajang Astra Honda Skill Contest (AHSC) 2018.

Ketiga siswa yang terbaik datang dari kontestan regional. Pertama diraih oleh Syahroni dari SMK Negeri 1 Bendo, Jawa Timur, posisi kedua ditempati Mochamad Hadi Fachmi dari SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Jawa Timur. Sementara posisi terakhir diraih Dimas Wahyu Al Amin, siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, Yogyakarta.

Direktur HR, GA, IT AHM Markus Budiman, mengatakan, ajang ini menjadi implementasi dari kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda untuk mengkalibrasi dan menguji kompetensi para siswa.

Baca juga: Honda Cari Mekanik Terbaik dari 40 SMK Binaan

”Peran serta industri otomotif roda dua semakin strategis terhadap dunia pendidikan dan vokasi industri. Kami berharap, kegiatan ini mampu memenuhi kebutuhan terhadap program link and match dunia usaha dan pendidikan,” ujar Markus dalam siaran resminya, Kamis (19/10/2018).

Ketiga juara mengaku sangat senang bisa membuktikan keahlianya dalam kompetisi ini. Syahroni mengatakan sudah menyiapkan materi ujian yang dibantu para instruktur dari PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM). Buka hanya teori dan praktik, tapi juga dari mental dan psikologis.

Kompetisi adu keterampilan antar SMK binaan AHM- Kompetisi adu keterampilan antar SMK binaan AHM

”Kami kebanyakan dari desa, saat pelatihan jauh dari kampung halaman. Mental selalu saya jaga, sebisa mungkin fokus ke pekerjaan yang diberikan instruktur. Kalau kepikiran rumah nanti malah tidak baik untuk fisik saya,” ucap Syahroni yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Manufaktur (Polman) Astra setelah mendapat program beasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Honda Pastikan Siswa SMK Binaan Terserap Dunia Industri
 
Sementara Mochamad Hadi Fachmi, mengatakan hasil terbaiknya diraih berkat bimbingan keras dari para instruktur saat pelatihan. Dimas Wahyu, punya keinginan yang berbeda, yakni membuka wirausaha bengkel.

”Saya sudah lama menabung untuk beli peralatan bengkel. Saya ingin membuka bengkel sendiri, jadi spesialis road race. Hadiah di level regional kemarin sudah saya belikan kunci-kunci lagi,” ujar Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.