Biar Tak Norak, Ini Cara Nyalakan Mobil Berfitur "Start/Stop"

Kompas.com - 17/10/2018, 10:24 WIB
Tombol start-stop di Daihatsu Copen. Febri Ardani/KompasOtomotifTombol start-stop di Daihatsu Copen.

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini beberapa model kendaraan sudah mengaplikasikan tombol engine start/stop. Jadi kita tak perlu lagi memasukkan batang kunci ke lubang, dan memutarnya secara manual, untuk menyalakan mobil.

Jadi pengguna mobil cukup meletakkan remote kunci di konsol tengah mobil atau kantongi, dan tekan tombol start/stop. Namun, tak hanya asal pencet, tapi ada tekniknya sendiri jadi jangan sampai norak.

Sebenarnya caranya mudah, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, mobil yang dilengkapi dengan smart entry, tak sulit untuk menghidupkannya.

“Buat mobil yang transmisi matik, caranya hanya dengan menginjak rem saja baru kemudian tekan tombol start. Sementara yang manual, injak kopling dan ditekan tombol start-nya” kata Didi kepada KOMPAS.com, Selasa (16/10/2018).

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.Ghulam/Otomania Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), punya pendapat serupa, terkait mekanisme buat menyalakan mobil dengan tombol engine start/stop.

Namun, ketika ditanyakan apakah semua mobil bertombol start/stop, punya cara yang sama ketika akan dinyalakan, Anjar mengatakan tidak semua. “Tidak selalu seperti itu, bisa jadi berbeda di semua brand,” ujar Anjar.

Tak lupa, Didi kemudian mengingatkan, buat pemilik mobil yang menggunakan fitur tersebut, ketika baterai remote kunci lemah, cara menghidupkan mobil yaitu dengan menempelkan remote smart entry yang ada logonya ke tombol start/stop, sampai lampu di tombol menyala hijau, lalu lakukan prosedur seperti semula.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X