Motor Jarang Dipakai, Bolehkah Pakai “Electric Starter”? - Kompas.com

Motor Jarang Dipakai, Bolehkah Pakai “Electric Starter”?

Kompas.com - 16/10/2018, 12:42 WIB
All New Honda Vario 150 2018.ISTIMEWA All New Honda Vario 150 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor mungkin ada yang belum tahu sehingga bertanya jika motor sudah lama tidak dinyalakan apakah boleh langsung dihidupkan menggunakan electric starter? Apalagi motor keluaran terbaru sudah jarang yang dilengkapi kick starter.

Menurut General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso, untuk motor injeksi seharusnya tidak masalah. Tetapi, sebaiknya memang menggunakan kick starter untuk menghemat daya aki.

“Kallau injeksi tidak masalah, langsung hidup meskipun tidak dinyalakan satu bulan. Tetapi pasti daya akinya nanti akan menjadi lemah, jadi pakai engkol dulu lebih baiknya,” ucap Wedi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu di kawasan Jakarta Selatan.

Baca juga: Kenali Apa yang Ada di Tuas Transmisi Mobil Matik

Wedi melanjutkan, sebaiknya jika motor ditinggalkan lebih dari 10 hari maka sebaiknya tangki bahan bakar dan juga aki dicabut. Sebagai contoh ditinggal pergi selama satu hingga dua bulan, agar kondisi aki tetap prima.

Ilustrasi kick starter skutiktvsscooty.com Ilustrasi kick starter skutik

“Kalau hanya 10 hari atau satu pekan saja tidak masalah motor didiamkan dalam kondisi normal. Kalau lebih lama lagi sebaiknya lakukan hal itu agar motor tidak susah dinyalakan nantinya. Tapi kalau motor injeksi harusnya tidak masalah juga,” ucap Wedi.



Close Ads X