Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Skenario Marquez Jadi Juara Dunia MotoGP di Motegi

Kompas.com - 15/10/2018, 10:11 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran GP Motegi akhir pekan ini bisa jadi panggung untuk Marc Marquez meraih gelar juara dunia musim ini. Pebalap Repsol Honda tersebut saat ini unggul 77 poin dari rival terdekatnya di klasemen MotoGP, Andrea Dovizioso.

Marquez secara keseluruhan sudah mengkoleksi enam gelar dari tiga kelas kompetisi MotoGP. Satu kali di kelas 125 cc, serta satu kelas di Moto2 dan empat di MotoGP.

Tercatat hanya ada dua pebalap yang menghalangi Marquez meraih gelar juaranya. Pada 2011 ada Stefan Bradl di Moto2 dan pada 2015 ada Jorge Lorenzo saat perebutan di MotoGP.

Namun untuk GP Motegi akhir pekan nanti, Marquez tetap tidak bisa menganggap remeh. Dovizioso terkenal kuat dan pada musim lalu ia memenangi seri Motegi setelah berhasil mengalahkan Marquez di lap terakhir.

Baca juga: Marquez, Pebalap yang Paling Sering Jatuh Musim Ini

Maka untuk mengamankan gelar juaranya, Marquez harus setidaknya unggul 75 poin dari rivalnya tersebut di klasemen. Hal itu dapat tercapai dengan beberapa skenario berikut, seperti dikutip dari Speedweek.com.

Skenario

1. Marquez dapat memenangi kejuaran dunia bila ia memenangi balapan. Skenario lainnya, Andrea Dovizioso tidak mencatatkan poin di balapan ini, misalnya Dovi finis di posisi 14 dan 15.

2. Skenario lain adalah Dovizioso berada di tempat keempat dan Marquez di tempat kelima. Ini karena Dovi dapat memenangi empat balapan terakhir dan mendapat nilai yang sama dengan Marquez dalam tujuh kemenangan di musim ini.

Setelah GP Motegi, Dovi hanya dapat memenangi tiga balapan lagi dan Marquez bisa jadi menempati posisi kedua dan ketiga.

3. Skenario terakhir adalah gelaran GP Motegi tidak jadi berlangsung akibat sesuatu hal, misal cuaca seperti di Silverstone lalu.

Melihat skenario ini, Marquez sudah satu langkah lebih baik dari Dovizioso. Ini membuat pebalap 25 tahun tersebut bersiap untuk meraih gelar juara MotoGP kelimanya tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com