Punya Peran Vital, Kenali Cairan yang Dibutuhkan Mobil - Kompas.com

Punya Peran Vital, Kenali Cairan yang Dibutuhkan Mobil

Kompas.com - 12/10/2018, 09:22 WIB
Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

JAKARTA, KOMPAS.com – Cairan tak hanya manusia saja yang butuh, tapi juga kendaraan bermotor agar bisa beroperasi dengan normal. Bahkan jika sampai kekurangan cairan, komponen bisa mengalami kerusakan fatal.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, ada tiga pembagian cairan terkait dengan fungsinya. Mulai dari pembersih yaitu air wiper, lalu pelumasan, dan pendinginan. Kesemuanya, ada oli mesin, oli matic, oli differential, dan air radiator.

Selanjutnya yang berfungsi sebagai pengatur sistem, seperti minyak rem, oli matic, minyak power steering, air accu (aki).

“Tentu saja ketiga peran tersebut sangat penting sesuai dengan peruntukannya. Khususnya untuk fungsi pelumasan, pendinginan dan pengatur sistem, perannya sangat berpengaruh dengan mesin dan komponen-komponen terkait,” kata Nurrahman kepada KOMPAS.com, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Modifikasi Performa Mobil, Ini Trik Agar Tak Lebay

Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGCSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

“Bahkan, apabila fluida dalam kondisi tidak baik (kuantitas dan kualitasnya) maka bisa menyebabkan sistem menjadi tidak berfungsi, atau malah bisa menyebabkan komponen menjadi rusak,” kata Nurrahman.

Nurrahman menambahkan, setiap cairan memiliki waktu yang berbeda-beda untuk pengecekan atau bahkan penggantian dengan yang baru. Tentu saja sesuai dengan buku service atau repair manual.

Berikut jangka waktunya.

  1. Oli mesin (produk mobil setelah tahun 2004), yaitu 6 bulan atau 10.000 km.
  2. Oli differential atau transmisi (MT), yaitu 40.000 km atau 2 tahun.
  3. Oli transmisi matic diganti 100.000 km.
  4. Air radiator, 100.000 km.
  5. Minyak rem penggantian 40.000 km.
  6. Air aki, berdasarkan batas level bawah dan atas.
  7. Air wiper berdasarkan batas yang dianjurkan.



Close Ads X