Kompas.com - 09/10/2018, 18:26 WIB
Penulis Stanly Ravel
|


KLATEN, KOMPAS.com - Empat Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) siap diterbangkan menuju Lombok dan Palu. Keempatnya didatangkan sebagai unit uji coba bantuan penjernihan air bersih bagi warga yang terdampak bencana beberapa waktu lalu.

"Dikirimnya melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dua unit untuk di Palu, dua unit di Lombok. Jadi unitnya ini untuk penjernihan air, dalam rangka bantuan di sana," ujar Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat, kepada Kompas.com di Klaten, Selasa (9/10/2018).

Menurut Kiat, keempat AMDDes memang merupakan unit yang dipesan langsung oleh Kemenperi. Untuk unitnya sendiri sudah langsung dilengkapi dengan alat untuk menjernihkan air bernama Hydro.

Baca juga: Sukiat Tidak Terlibat Pengembangan Mobil Esemka

Nantinya, kendaraan ini akan digunakan untuk mengolah air bersih agar bisa dikonsumsi oleh warga. Untuk saat ini sendiri satu unit sudah dalam kondisi siap, sementara tiga lagi sedang dalam proses persiapan.

AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok- AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok
"Jadi unit ini dikirim hari ini, sisanya tiga lagi itu rencana akan dikirim tanggal 15 Oktober nanti karena unitnya masih proses. Nanti sampai di sana akan langsung diuji dengan IKM Balai Besar Sulawesi," kata Sukiat.

Baca juga: AMMDes Siap Ramaikan Indonesia Modification Expo

Seperti diketahui, AMMDes yang pertama kali resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ajang GIIAS 2018 lalu, dilengkapi dengan mesin diesel berkubikasi 550 cc dengan tenaga 14 tk. Kendaraan serba guna bergaya pikap ini sudah dilengkapi dengan sistem penggerak power take off (PTO) untuk dihubungkan dengan beragam alat pertanian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.