Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Motor Bekas Rp 5 jutaan, Perhatikan Ini

Kompas.com - 09/10/2018, 14:58 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang memikirkan ingin memiliki sepeda motor dengan harga terjangkau, pasar motor bekas bisa jadi pilihan. Beragam model dapat dipilih dan jika beruntung mendapatkan motor idaman yang diinginkan.

Namun pilihan harga motor bekas kadang belum diterima kantong. Ada saja masyarakat yang ingin membeli dengan harga yang lebih murah.

"Misal dia mau beli di harga Rp 5 juta bahkan dibawah. Ya ada, tapi tentu pilihannya tidak banyak," ucap Icang dari Kiki Motor Pondok Bambu saat ditemui Senin (8/10/2018).

Icang mengungkapkan untuk diler motor bekas tentu memikirkan perputaran uang yang cepat. Itu sebabnya model yang ditawarkan masih terhitung muda, misalnya motor dengan usia lima tahun.

Untuk mendapatkan model di atas lima tahun biasanya didapat dari pemilik kendaraan yang ingin mendapatkan dana cepat. Itu pun harus melihat kondisi sepeda motor karena usia penggunaan menyebabkan kondisi mesin perlu diperhitungkan.

Hal yang sama juga diungkapkan Iyos dari Talenta Motor, Rawa Belong. Selama ini calon konsumen yang menginginkan motor dengan harga sangat murah juga diperingatkan untuk memeriksa kondisi kendaraannya dengan teliti.

Baca juga: Pedagang Motor Bekas Tak Peduli soal DP 0 Persen

"Motor tua (lebih dari lima tahun) dengan harga Rp 5 jutaan itu sudah pasti memerlukan pemeriksaan yang teliti. Mulai dari surat-surat kendaraannya lengkap tidak, kondisi fisik dan kelengkapan aksesori serta terpenting kondisi mesin," ucap Iyos.

Iyos mengungkapkan sangat jarang menemukan unit kendaraan di atas lima tahun atau berharga Rp 5 juta dalam kondisi benar-benar terawat. Meski diakui, untuk range harga tersebut terkadang ada yang mencari.

Diler motor bekas juga memikirkan syarat dari lembaga keuangan yang biasanya mensyaratkan motor untuk kredit tidak lebih dari lima tahun. Ini yang membuat unit motor di range harga Rp 5 jutaan sulit dicari di diler.

"Paling bisa disarankan untuk mengambil motor karburator. Yang produksi 2000-an awal. Tapi sekali lagi perhatikan surat-surat, datang dan lihat langsung paling aman," ucap Iyos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com