Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Pamungkas supaya AC Mobil Tetap Awet

Kompas.com - 09/10/2018, 09:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - Pendingin udara (air conditioner/AC) di dalam kabin sudah jadi kebutuhan wajib buat mobil penumpang. Bakal merugikan dan membuat tak nyaman jika kerjanya tak optimal apalagi jika sampai rusak.

Mengingat betapa pentingnya hal tersebut, Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, memberikan beberapa saran demi menjaga AC mobil berumur panjang.

Pertama, rutin melakukan pembersihan dan penggantian filter AC setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan, tergantung kondisi.

Kedua, yang cukup penting lagi yaitu perawatan atau service AC agar menjaga evaporator bersih sehingga komponen-komponen AC lainnya bisa awet.

Baca juga: Ini Trik Antisipasi “Hydroplaning” saat Berkendara

Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkalawikipedia Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

Ketiga, soal perilaku berkendara dengan mengusahakan untuk tidak memarkirkan kendaraan di tempat yang terpapar matahari langsung.

Keempat, saat memasuki mobil buka jendela untuk mengeluarkan udara panas pada kabin  sambil menyalakan AC. Hal tersebut untuk meringankan kerja pendingin udara  untuk menyejukkan kabin.

Kelima, ketika berkendara dalam jarak yang cukup jauh atau keluar kota, jangan mengatur AC pada temperatur paling dingin untuk menghindari pembekuan pada sistem AC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com