Jurus Pamungkas supaya AC Mobil Tetap Awet

Kompas.com - 09/10/2018, 09:22 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil

JAKARTA, KOMPAS.com  - Pendingin udara ( air conditioner/ AC) di dalam kabin sudah jadi kebutuhan wajib buat mobil penumpang. Bakal merugikan dan membuat tak nyaman jika kerjanya tak optimal apalagi jika sampai rusak.

Mengingat betapa pentingnya hal tersebut, Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, memberikan beberapa saran demi menjaga AC mobil berumur panjang.

Pertama, rutin melakukan pembersihan dan penggantian filter AC setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan, tergantung kondisi.

Kedua, yang cukup penting lagi yaitu perawatan atau service AC agar menjaga evaporator bersih sehingga komponen-komponen AC lainnya bisa awet.

Baca juga: Ini Trik Antisipasi “Hydroplaning” saat Berkendara

Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkalawikipedia Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

Ketiga, soal perilaku berkendara dengan mengusahakan untuk tidak memarkirkan kendaraan di tempat yang terpapar matahari langsung.

Keempat, saat memasuki mobil buka jendela untuk mengeluarkan udara panas pada kabin  sambil menyalakan AC. Hal tersebut untuk meringankan kerja pendingin udara  untuk menyejukkan kabin.

Kelima, ketika berkendara dalam jarak yang cukup jauh atau keluar kota, jangan mengatur AC pada temperatur paling dingin untuk menghindari pembekuan pada sistem AC.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X