Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Gesits Meluncur Bulan Depan, Ini Kata Menperin

Kompas.com - 08/10/2018, 14:23 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan project overview lampiran surat PT Wika Industri Manufaktur (WIM), yang ditujukan kepada Darmawan Prasodjo, Deputi Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional, Kantor Staff Presiden (KSP), peluncuran resmi skuter listrik Gesits dilakukan pada penghujung November 2018.

Acara peluncuran itu sekaligus dengan pre production (tahap III) untuk komponen sasis, bodi motor, dan parts electric. Seharusnya, jadwal peluncuran itu dilakukan pada 17 Agustus atau bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, tetapi mundur lagi karena satu dan lain hal.

Lantas, bagaimana jika bulan depan peluncurannya kembali gagal? Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, untuk urusan itu tergantung dari perusahaan yang akan membuat.

“Jadi kami hanya mendorong dan membantu dari pengujian tipe dan lain-lainnya saja. Urusan peluncuran kita tidak ikut campur karena itu kewenangan dari perusahaannya sendiri,” ucap Airlangga pekan lalu di kewasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Skuter Listrik Gesits Meluncur Akhir November 2018

Airlangga hanya berharap pengembangan skuter hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI) itu bisa berjalan dengan baik, demi memajukan industri otomotif di Indonesia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba motor listrik Gesits (Garasindo Electric Scooter ITS)  di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/10). Jonan yakin Motor Gesits yang yang sepenuhnya dibuat oleh mahasiswa ITS Surabaya dan didukung oleh Garasindo itu akan bisa bersaing dengan motor konvensional karena hemat energi dan ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww/17.ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba motor listrik Gesits (Garasindo Electric Scooter ITS) di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (19/10). Jonan yakin Motor Gesits yang yang sepenuhnya dibuat oleh mahasiswa ITS Surabaya dan didukung oleh Garasindo itu akan bisa bersaing dengan motor konvensional karena hemat energi dan ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww/17.

“Tentunya itu akan membuat lapangan pekerjaan yang banyak juga. Karena ini merupanan skuter listrik nasional,” ujar Airlangga.

Harun Sjech, CEO PT GTI pernah menyampaikan bahwa perkembangan proyek Gesits sesuai dengan rencana yang diharapkan pemerintah. Tahap awal pabrik perakitan mampu memproduksi sekitar 50.000 unit Gesits per tahun.

Kapasitas ini akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai 100.000 unit per tahunnya, seperti disampaikan oleh Tumiyana Direktur Utama PT. Wika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com