Mesin Diproduksi Nissan, Harga Xpander Bisa Lebih Murah?

Kompas.com - 04/10/2018, 08:02 WIB
Pabrik Mitsubishi di Indonesia.Istimewa Pabrik Mitsubishi di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan memproduksi mesin Mitsubishi Xpander pada 2020. Langkah itu juga menjadikan kandungan lokal kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) meningkat dari 71 persen menjadi 80 persen.

Pertanyaan yang timbul, apakah dengan meningkatnya kandungan lokal, harga Xpander bisa menjadi lebih murah?

Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors menjelaskan, tentu saja dengan lokalisasi mesin ini akan menurunkan biaya produksi. Namun, untuk urusan harga belum bisa ditentukan sekarang ini karena banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi dalam menentukan banderol.

Baca juga: Mesin Xpander Diproduksi Lokal Nissan Indonesia

"Tetapi semua ini menjadi urusan Presiden Direktur MMKSI (Naoya Nakamura)," ucap Masuko di hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

Nakamura, di tempat sama pun mengatakan untuk masalah harga masih terlalu dini jika diinformasikan sekarang. Namun, paling penting sekarang ini, yaitu memenuhi inden dari konsumen.

Baca juga: Mitsubishi Mulai Suplai Xpander ke Nissan Tahun Depan

"Karena masih banyak konsumen yang menunggu Xpander, dan tugas kami adalah mengirim secepatnya kepada konsumen," ujar Nakamura.

Mesin Xpander sekarang ini memang masih diimpor utuh dari Jepang. Namun, pada 2020 dilokalisasi dan diproduksi oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Harga Xpander sekarang ini paling murah dijual Rp 199.100.000 dan termahal Rp 255.400.000 on the road DKI Jakarta.




Close Ads X