Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Penggantian Oli Mesin Motor yang Terendam Air

Kompas.com - 02/10/2018, 15:23 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor menjadi salah satu barang-barang yang ikut terdampak saat gempa bumi dan tsunami seperti terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Kerusakannya beragam mulai dari ringan hingga parah seperti terendam air atau tertimpa bangunan.

Khusus untuk sepeda motor yang terendam air laut, salah satu yang disarankan untuk dilakukan bila ingin memperbaiki motor tersebut adalah mengganti oli mesin.

"Oli mesin jadi salah satu yang perlu diperhatikan bila ingin memperbaiki motor yang terendam air. Hampir mirip dengan langkah perbaikan motor bila terkena banjir di Jakarta," ucap kepala bengkel Pitline Garage, Paul saat ditemui Senin (1/10/2018).

Penggantian olinya pun membutuhkan langkah yang tepat. Paul mengungkapkan langkahnya tidak hanya membuka tap oli dan mengosongkan ruang mesin untuk mengganti dengan oli baru.

Baca juga: Komponen Motor yang Wajib Diperhatikan Pasca-Bencana Alam

Puing bangunan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Puing bangunan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.

Paul menyarankan agar pemilik kendaraan menyiapkan dua oli untuk penggantian yang lebih sempurna. Satu untuk pembilasan mesin, satu lagi untuk oli yang benar-benar dipakai untuk motor tersebut.

"Satu oli bisa oli yang murah. Atau kalau ada namanya engine cleaner biasanya dijual-jual di bengkel bisa dipakai. Satu lagi oli disiapkan yang bagus yang memang digunakan untuk sepeda motor tersebut sesuai spesifikasinya," ungkap Paul.

Langkah pertama setelah mengosongkan mesin motor dari oli lama yang terendam, masukkan oli pertama ke dalam mesin. Coba nyalakan mesin dan biarkan idle selama 30 menit sampai 1 jam untuk membersihkan mesin dan mengambil kotoran yang ada di dalam mesin.

Setelah itu matikan mesin, tunggu sampai dingin lalu buang oli di dalam mesin sampai benar-benar habis. Jika tidak ada kompresor udara, biarkan oli menetes sampai terakhir, setelah benar-benar kosong baru masukkan oli baru.

"Ingat, pastikan motor menyala setelah semua komponen kelistrikan dibersihkan dan dikeringkan. Jangan coba menyalakan motor bila kelistrikan belum dikeringkan," ungkap Paul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com