Ingat Lagi Bahaya Pakai Payung saat Naik Motor

Kompas.com - 27/09/2018, 10:02 WIB
Review aksesori payung motor Otomania/Setyo AdiReview aksesori payung motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto yang lagi viral di media sosial, yaitu salah satu pengendara ojek online memasangkan penutup seperti payung. Secara tujuan, memang untuk melindungi pengendara dan penumpang dari terik sinar matahari atau hujan.

Namun, jika bicara dari aspek keselamatan, tentu saja itu tidak aman. Apalagi payung itu bukan yang diproduksi oleh pabrikan motor tersebut, melainkan dibeli secara terpisah.

Apabila melihat dari gambar yang beredar, menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center sudah pasti sangat berbahaya.

Pertama, kata Marcell windshield tanpa wiper akan membahayakan, karena terkena debu, hujan, dan serangan serta distorsi visual dan plastiknya akan menjadi penghalang visibilitas yang membahayakan.

Baca juga: Ada Lagi, Payung Motor Unik Buatan Malaysia

Kedua, drag force yang dihasilkan sepertinya akan besar, yang bisa berakibat pada berkurangnya stabilitas kendaraan itu sendiri.

"Saya belum tahu belakangnya itu ada lubang atau tidak. Jelas berbahaya," ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (26/9/2018).

Sebelumnya, Jusri Pulubuhu dari Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) juga pernah mengatakan bahwa, biker seperti itu masuk kelompok pengendara yang tidak menggunakan logika.

Alasannya bisa jadi kurang pengetahuan soal kendaraan, lalu lintas, dan empati di jalan raya.

"Itu sebenarnya begini, pastinya orang-orang semacam itu gampang diindikasikan di jalan juga gampang dimonitor karena pakai payung. Tapi ini enggak berlogika, jadinya situasi berbahaya buat sekitarnya,” ucap Jusri beberapa waktu lalu.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X