Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Gesits Meluncur Akhir November 2018

Kompas.com - 27/09/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perjalanan menuju komersialisasi calon skuter listrik nasional Gesits, akhirnya bakal mencapai garis finish. Peluncuran resmi bakal diselenggarakan pada penghujung November 2018 ini.

Tanggal pengenalan tersebut berdasarkan project overview lampiran surat PT Wika Industri Manufaktur (WIM), yang ditujukan kepada Darmawan Prasodjo, Deputi Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional, Kantor Staff Presiden (KSP), perihal Perkembangan Motor Listrik Gesits, tanggal 10 September 2018.

Pada akhir November itu juga, acara peluncuran akan terlaksana bersamaan dengan pre production (tahap III) untuk komponen sasis, bodi motor, dan parts electric.

PT Wika Industri Manufaktur (WIM), perusahaan hasil kerjasama PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI), yang kemudian bakal merakit motor karya anak bangsa tersebut. Saat ini, PT WIM sedang melakukan proses engineering activity.

Baca juga: Gesits Produksi Akhir 2018, Jokowi Sudah Menanti

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melakukan kunjungan ke pabrik perakitan calon skuter listrik nasional Gesits, Minggu (5/8/2018).ISTIMEWA Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melakukan kunjungan ke pabrik perakitan calon skuter listrik nasional Gesits, Minggu (5/8/2018).

Baru kemudian tahap selanjutnya adalah pembuatan mould, dies dan tooling, sebagai persiapan buat produksi massal. Sementara jadwal mass production sendiri, akan berjalan pada awal Desember 2018.

Sebelumnya Harun Sjech CEO PT. GTI menyampaikan perkembangan proyek GESITS sesuai dengan rencana yang diharapkan Pemerintah, dan model produksi dari Gesits akan diluncurkan pada September 2018.

Pada tahap awal pabrik perakitan akan mampu memproduksi 50.000 unit Gesits per tahun. Kapasitas ini akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai 100.000 nit per tahunnya, seperti disampaikan Tumiyana, Direktur Utama PT. Wika.

Skuter listrik Gesits.ISTIMEWA Skuter listrik Gesits.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com