"Charger" Mobil Listrik Mercy di Mal Sulit Dipasang buat Rumah - Kompas.com

"Charger" Mobil Listrik Mercy di Mal Sulit Dipasang buat Rumah

Kompas.com - 26/09/2018, 19:22 WIB
Mercedes-Benz Privilege Parking with EQ Power Charging yang di Plaza Indonesia, Jakarta, tepatnya di area parkir P2. Fasilitas pengisian baterai untuk mobil listrik dan mobil ramah lingkungan tersebut disediakan oleh Mercedes Benz Distribution Indonesia khusus untuk pelanggannya mulai Senin (24/9/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Mercedes-Benz Privilege Parking with EQ Power Charging yang di Plaza Indonesia, Jakarta, tepatnya di area parkir P2. Fasilitas pengisian baterai untuk mobil listrik dan mobil ramah lingkungan tersebut disediakan oleh Mercedes Benz Distribution Indonesia khusus untuk pelanggannya mulai Senin (24/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) belum lama ini menghadirkan fasilitas pengisian baterai mobil listrik ( charging station) yang berlokasi di Plaza Indonesia, Jakarta. Fasilitas ini dapat menampung empat unit mobil dan dilengkapi dua alat pengisi daya Wallbox 3.7 kW dengan koneksi Type 2.

Alat pengisi daya (charger) Wallbox yang terpasang di mal itu ternyata berbeda dengan charger yang disiapkan untuk pembeli produk EQ Power. Sebab charger yang disiapkan untuk konsumen adalah yang bisa langsung digunakan di rumah.

Deputy Director Marketing Communication, PT MBDI Hari Arifianto, mengatakan, charger Wallbox seperti yang dipakai di Plaza Indonesia relatif sulit jika dipasang di rumah. Selain itu harganya juga relatif mahal, yakni mencapai sekitar Rp 18 juta per unit.

"Kalau pasang Wallbox seperti di sini (Plaza Indonesia) harus diatur ulang kelistrikannya dan dayanya diambil langsung dari line utama. Tidak bisa jika diambil dari sistem kelistrikan rumah,” kata Hari saat ditemui usai acara peluncuran charging station, Senin (24/9/2018).

Baca juga: Mercedes Indonesia Tetap Jual Mobil Listrik Meski Tanpa Regulasi LCEV

Mercedes-Benz E 350 e plug-in hybrid yang dipamerkan saat acara Breakfasting Mercedes-Benz with Media di Jakarta, Rabu (30/5/2018).Mercedes-Benz Distribution Indonesia Mercedes-Benz E 350 e plug-in hybrid yang dipamerkan saat acara Breakfasting Mercedes-Benz with Media di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Untuk pengisian baterai di rumah, Hari menyebut konsumen hanya perlu menggunakan home charger. Perangkat ini diberikan gratis sebagai tambahan saat pembelian mobil. Charger ini bisa langsung dipakai sepanjang kapasitas listrik di rumah mencapai di atas 2.200 watt.

Baca juga: Kapasitas Ideal Rumah Buat Nge-Charge Mobil Listrik

"Jadi sayang kalau harus keluarkan Rp 18 juta hanya untuk charger saja. Karena setiap pembelian sudah dilengkapi home charger," ucap Hari.

Pada penyediaan fasilitas charging station di Plaza Indonesia, Hari menyebut total biaya yang digelontorkan MBDI mencapai sekitar Rp 800 juta. Biaya tersebut sudah mencakup harga charger dan ongkos pemasangan, serta biaya sewa tempat selama setahun.

Meski biayanya relatif besar, Hari menyatakan fasilitas tersebut gratis diperuntukan bagi pengguna Mercy, khususnya produk EQ Power yang direncakan mulai dipasarkan pada 2019 mendatang.



Close Ads X