Asyiknya Punya Land Rover Tua, Mudah Diubah Sesuai Suasana

Kompas.com - 26/09/2018, 18:42 WIB
Land Rover Series III V8 yang dipakai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Maruf Amin saat datang ke KPU, Jumat (21/9/2018). Begini bentuknya saat mengadopsi model long kanvas.Istimewa/Pemilik Mobil Land Rover Series III V8 yang dipakai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Maruf Amin saat datang ke KPU, Jumat (21/9/2018). Begini bentuknya saat mengadopsi model long kanvas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Land Rover generasi lama merupakan salah satu tipe kendaraan yang digemari kolektor mobil tua. Pemilik Land Rover tua punya alasan khusus kenapa mereka menyukai mobil off-road 4x4 legendaris asal Inggris itu.

Salah satunya seperti yang diutarakan pemilik Land Rover Series III Stage One V8 lansiran 1983 yang ditumpangi calon presiden petahana Joko Widodo ke Kantor KPU pekan lalu. Menurut sang pemilik, Land Rover tua merupakan mobil yang mudah untuk diubah-ubah bentuknya.

Jadi saat sudah bosan dengan bentuk yang satu, pemilik bisa dengan mudah mengubahnya jadi bentuk yang lain. Walaupun ubahannya masih dengan dimensi yang sama. Sebagai contoh Land Rover Series III Stage One V8 diketahui dapat mengakomodir ubahan menjadi bentuk pikap, long kanvas ataupun hardtop.

Baca juga: Cerita di Balik Land Rover yang Dipakai Jokowi ke KPU

Land Rover Series III V8 yang dipakai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Maruf Amin saat datang ke KPU, Jumat (21/9/2018). Begini kondisinya jika sedang menggunakan model long kanvas.Istimewa/Pemilik Mobil Land Rover Series III V8 yang dipakai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Maruf Amin saat datang ke KPU, Jumat (21/9/2018). Begini kondisinya jika sedang menggunakan model long kanvas.

"Saya tertarik sama Land Rover karena bentuknya unik dan seperti puzzle. Kalau sudah bosan dengan model pikap, bisa ganti long kanvas. Kalau long kanvas sudah bosan bisa diganti hardtop," kata pemilik yang enggan disebutkan namanya itu kepada Kompas.com, Senin (24/9/2018).

Pada bentuk pikap, Land Rover jadi punya bak terbuka yang relatif lebar di belakang. Namun kapasitas angkut penumpangnya yang aman jadi hanya dua orang, termasuk sopir.

Kapasitas yang sama juga berlaku pada ubahan long kanvas. Seperti pikap, model long kanvas juga punya bak menyimpanan yang lebar. Namun tidak lagi terbuka. Melainkan dilengkapi atap berbahan kanvas. Jadi aman saat membawa barang dalam kondisi hujan.

Baca juga: Beda Land Rover Jokowi di KPU dengan di Becakayu

Salah satu Land Rover Defender dengan model hardtop.www.rhayaderfourwheeldrive.co.uk Salah satu Land Rover Defender dengan model hardtop.

Sedangkan pada ubahan hardtop, bagian belakang jadi bisa difungsikan untuk tempat penumpang. Karena atap yang digunakan berbahan keras, ubahan model hardtop relatif aman untuk mengangkut penumpang di bagian belakang.

"Jadi asyiknya punya Land Rover ini. Bisa mengaplikasi berbagai jenis mobil sesuai suasana hati yang punya," ucap pemilik yang membeli Land Rover tersebut pada tahun 2015 silam.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X