Kapan Pemilik Kendaraan Lama Wajib Melaporkan Nomor Telepon?

Kompas.com - 26/09/2018, 09:02 WIB
Warga memanfaatkan layanan e-form di Samsat Jakarta Selatan yang terlentak di komplek Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/3/2018). Kompas.com/Sherly PuspitaWarga memanfaatkan layanan e-form di Samsat Jakarta Selatan yang terlentak di komplek Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya mulai 1 Oktober mewajibkan semua pemilik kendaraan bermotor (pelat B), untuk melaporkan nomor telepon dan email. Mobil atau sepeda motor baru, ketika pengurusan surat-surat.

Peraturan itu juga berlaku buat pemilik kendaraan yang sudah lama. Akan tetapi, penyerahan data tersebut berbeda waktunya.

"Kalau kendaraan lama nanti pada saat pengesahan STNK tahunan atau pada saat ganti STNK per 5 tahun," ujar Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama kepada Kompas.com, Selasa (25/9/2018).

Baca juga: Tilang Elektronik Tanpa Perlu Ubah Warna Pelat Nomor

Peraturan baru ini sementara berlaku buat pemilik kendaraan yang berdomisili di DKI Jakarta. Sebab, sebagai tahap awal dilakukan di Polda Metro Jaya, kemudian menyusul ke daerah lainnya di Indonesia.

Langkah ini guna mendukung program tilang elektronik yang akan diterapkan awal Oktober 2018 di jalan Sudirman-Thamrin. Tujuan utama, untuk mengurangi jumlah pelanggar lalu lintas dan kecelakaan di jalan raya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami harapkan kepada pemilik kendaraan untuk mau memberikan nomor telepon dan email, data sudah pasti akan dirahasikan," kata Bayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.