Porsche Resmi Tinggalkan Mesin Diesel - Kompas.com

Porsche Resmi Tinggalkan Mesin Diesel

Kompas.com - 25/09/2018, 17:02 WIB
Porsche Macan lawas dan baru. MOTOR1 Porsche Macan lawas dan baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Porsche telah mengumumkan tidak akan menggunakan mesin diesel untuk produk-produk mereka di masa depan. Pengumuman ini dilakukan pada Minggu (23/9/2018), dalam keterangan resmi pabrikan asal Jerman tersebut.

Porsche menyebutkan pada 2022 mereka akan berinvestasi lebih dari enam miliar Euro dalam teknologi e-mobility untuk menciptakan masa depan transportasi yang lebih bertanggug jawab dengan lingkungan. Selain itu dari sisi penjualan model hibrida Panamera naik 63 persen di Eropa.

Di sisi lain, permintaan terhadap model diesel terus menurun. Pada 2017, Porsche bermesin diesel hanya mendapat bagian 12 persen pasar Eropa dan sejak Februari tahun ini Porsche sudah tidak menawarkan model mesin dieselnya lagi.

Kondisi ini yang membuat Porsche memutuskan untuk tidak menawarkan mesin diesel pada produk-produknya di masa depan.

Baca juga: Taycan, Nama Mobil Sport Elektrik Pertama dari Porsche

"Porsche bukan menjelekkan mesin diesel. Diesel akan selalu dan menjadi capaian teknologi Porsche di dunia otomotif. Kami perusahaan mobil sport dimana diesel selalu memainkan peran kedua. Akhirnya kami mencapai kesepakatan untuk masa depan Porsche dimana tidak ada lagi mesin diesel," ucap CEO Porsche AG, Oliver Blume dalam keterangannya.

Model terbaru Porsche, Taycan, akan hadir 2019 mendatang dan menjadi model pertama kendaraan elektrik Porsche. Pada 2025 mendatang, seluruh produk Porsche akan memiliki pilihan hibrida atau murni elektrik. Meski demikian Porsche tetap memproduksi mesin bensin untuk mereka penggemar sejati mobil sport.

Meski tidak lagi memproduksi diesel, Porsche akan tetap melayani pelanggannya yang memiliki mesin diesel Porsche. Ini dilakukan untuk layanan purna jual yang memuaskan bagi seluruh pelanggan Porsche.

Porsche Concept Study, Mission E.DOK. PORSCHE Porsche Concept Study, Mission E.

"Tujuan kami untuk berada pada lingkaran teknologi otomotif. Kami tetap berada pada inti produk Porsche sembari ikut melihat arah perubahan mobilitas di masa depan," ujar Oliver.

Sejak kasus kecurangan emisi pada 2015 lalu yang menimpa Volkswagen, satu per satu produsen otomotif menarik produk dieselnya di Eropa. Porsche menjadi yang pertama dari merek di bawah Volkswagen group yang mengumumkan tidak akan menggunakan diesel di masa depan.



Close Ads X