Cerita Komunitas Off-Road Saat Menjelajah Kalimantan

Kompas.com - 25/09/2018, 10:02 WIB
Salah satu mobil yang digunakan perwakilan Mercedes Jip Indonesia-Adventura untuk datang ke The Sarawak 4x4 Jamboree di Sibu, Sarawak, Malaysia pada 13-16 September 2018. Evangeline Thian dan Tim Media Sarawak Jamboree 2018Salah satu mobil yang digunakan perwakilan Mercedes Jip Indonesia-Adventura untuk datang ke The Sarawak 4x4 Jamboree di Sibu, Sarawak, Malaysia pada 13-16 September 2018.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jambore antar komunitas mobil 4x4 lintas negara diadakan di Sarawak pada 13-16 September silam. Gelaran bertajuk The 3rd Edition of The Sarawak 4×4 Jamboree tersebut juga diikuti oleh dua komunitas mobil off-road asal Indonesia, masing-masing Mercedes Jip Indonesia (MJI) dan Adventura. Mereka berangkat dengan dua mobil, yakni Mercedes-Benz G-Class 280 GE dan Land Cruiser 80 Series.

Kepala Rombongan, Suwandi menyatakan ada lima orang yang berangkat ke Sarawak, tak terkecuali dirinya. Berangkat dari Samarinda, Kalimantan Timur pada 6 September, Suwandi dan rekan-rekannya melewati perjalanan panjang mengarungi wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat hingga akhirnya tiba di Sibu pada 12 September.

"Saat akan melewati Pos Perbatasan Indonesia-Malaysia di Sarawak pada 11 September, kami sempat tidak bisa melintasi perbatasan di karenakan berhalangan dengan jam operasional dari imigrasi perbatasan yang sudah tutup. Jadi perjalanan dilanjutkan keesokan harinya," tutur Suwandi kepada Kompas.com, Minggu (23/9/2018).

Jambore antar komunitas mobil 4x4 di Sarawak tercatat dihadiri sekitar 178 partisipan. Kegiatan ini diisi perjalanan bersama para partisipan menjelajahi rute melalui hutan huhan tropis dari Sibu hingga Kapit di Sarawak.

Baca juga: Hadiri Jambore 4x4 di Sarawak, MJI Turing Keliling Kalimantan

Salah satu mobil yang digunakan perwakilan Mercedes Jip Indonesia-Adventura untuk datang ke The Sarawak 4x4 Jamboree di Sibu, Sarawak, Malaysia pada 13-16 September 2018.Evangeline Thian dan Tim Media Sarawak Jamboree 2018 Salah satu mobil yang digunakan perwakilan Mercedes Jip Indonesia-Adventura untuk datang ke The Sarawak 4x4 Jamboree di Sibu, Sarawak, Malaysia pada 13-16 September 2018.

Rute yang dilalui peserta cukup menantang. Bahkan ada beberapa peserta mengalami kerusakan pada mobilnya, dari mulai overheat gearbox, gearbox rusak, overheat engine, hingga masalah pada kopling.

"Ada beberapa peserta yang bahkan sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan dan terpaksa dilakukan evakuasi ke kota terdekat," ucap Suwandi.

The 3rd Edition of The Sarawak 4×4 Jamboree ditutup di Kapit pada 16 September. Tim dari MJI dan Adventura sempat menerima penghargaan sebagai The Furtherest Overlander dari penyelenggara sebagai peserta dengan rute terjauh yang datang menghadiri acara tersebut.

Baca juga: Menikmati Wisata Eksotis Banyuwangi Ala Mercedes Jip Indonesia

Menurut Suwandi, bila dijumlah secara keseluruhan, total jarak yang ia tempuh dari Samarinda sampai ke Kapit hingga akhirnya kembali ke Samarinda mencapai sekitar 6.000 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X