Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skoda Bukan Merek Mewah, Selevel Mazda, Toyota, dan Honda

Kompas.com - 25/09/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek kendaraan roda empat asal Ceko, Skoda, bukan tak mungkin bakal ikut bermain di pasar dalam negeri. Bahkan dari data presentasi yang didapat KOMPAS.com, mereka sudah bidik Indonesia untuk jadi sasaran ekspansi sejak 2013.

Namun, bagaimana sebenarnya karakter produk-produk dari produsen mobil asal Ceko, yang juga berada di bawah payung Grup Volkswagen (VW) tersebut?

Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor (GMM) agen pemegang merek VW dan Audi di Indonesia, mengatakan, Skoda sendiri memiliki karakter produk yang hampir serupa dengan VW.

Bahkan, Jonas menyebut Skoda tak tergolong kategori mobil mewah. Jika disandingkan dengan merek di dalam negeri, Jonas menyebut kompetitornya adalah Mazda, Toyota, dan Honda.

Baca juga: Terungkap, Skoda Sudah Lama Incar Indonesia

Skoda Superb.AUTOEXPRESS.com Skoda Superb.

“Skoda itu segmennya medium sama seperti kendaraan penumpang Volkswagen, bukan golongan merek-merek mewah. Kompetitornya di kelas tengah itu seperti Toyota, Honda, Mazda dan beberapa lainnya. Juga karakter produknya sama seperti VW,” ujar Jonas, Jumat (21/9/2018).

Jika memang karakternya kurang lebih sama, KOMPAS.com coba mengulik harga mobil VW sendiri dari situs dealer resmi  yang berada di bawah GMM, mulai dari Golf 1.4 TSI harganya Rp Rp 610 juta, Polo 1.2 TSI Rp 278 juta, Scirocco GP Rp 615 juta, Multivan Rp 1,7 miliaran, dan Tiguan 1.4 TSI Rp 675 juta.

Namun, Jonas menyebutkan, meski Skoda sendiri merupakan merek otomotif yang dikuasai Volkswagen, tak otomatis APM Volkswagen di Indonesia juga turut menjadi agennya.

“Skoda itu memang anggota VW, tetapi ada perbedaan soal unit bisnis. Sehingga tidak dengan serta merta kami yang mengageni VW atau Audi otomatis bisa menjadi agennya Skoda,” ujar Jonas. Namun memang dirinya tak memungkiri, jika ditawarkan secara rersmi dengan sangat senang mempertimbangkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com