Terminal, Rest Area, Obyek Wisata Baiknya Ada Ruang Istirahat Sopir

Kompas.com - 22/09/2018, 09:22 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan menyarankan semua pengelola terminal bus AKAP, rest area di jalan tol maupun objek wisata untuk menyediakan ruang istirahat sopir bus. Cara ini bertujuan agar sopir punya waktu istirahat yang berkualitas demi menghindari dampak negatif di perjalanan.

Direktur Pembinaan Keselamatan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Mohamad Risal Wasal mengatakan, ruang istirahat harus dilengkapi alat pengatur suhu (AC). Namun Risal belum menjelaskan kriterianya secara spesifik.

"Yang pasti harus layak sehingga sopir tidurnya nyaman. Jadi begitu dia bangun, dia sudah merasa fresh," kata Risal di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Baca juga: Saran Pengamat Transportasi soal Kecelakaan Bus di Cikidang

Rest area KM 519 A pada ruas Tol Solo-Ngawi.Jasa Marga Rest area KM 519 A pada ruas Tol Solo-Ngawi.

Pemilihan lokasi seperti terminal bus AKAP, rest area di jalan tol, dan objek wisata dilatarbelakangi karena tempat-tempat itulah yang sering disinggahi bus. Risal menyatakan penyediaan ruang istirahat merupakan salah satu upaya mengkampanyekan keselamatan berkendara demi mencegah kecelakaan lalu lintas.

Sejauh ini, Risal menyatakan saran ini baru bersifat imbauan. Namun demi keselamatan bersama, ia menilai tidak ada salahnya bagi pengelola bus AKAP, rest area di jalan tol, dan objek wisata untuk menjalankannya.

Baca juga: Edukasi Keselamatan Berkendara buat Sopir Truk dan Bus

"Ini juga jadi cara untuk menaikan kelas sopir. Karena sadar enggak, sopir ini juga seperti pilot. Setiap kita naik bus itu artinya kita menaruh nyawa ke dia," ucap Risal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.