Pemilik Kendaraan Wajib Setor Nomor Telepon dan "E-mail"

Kompas.com - 21/09/2018, 16:02 WIB
Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman. MAULANA MAHARDHIKAKendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menegaskan bahwa mulai bulan depan, semua pemilik kendaraan di wilayah DKI Jakarta wajib memberikan nomor telepon dan alamat e-mail kepada petugas polisi.

Bagi pemilik kendaraan yang baru beli, nomor telepon dan e-mail disertakan pada proses registrasi dengan diler. Sementara pemilik mobil atau sepeda motor lama dapat menyertakannya ketika membayar pajak atau bisa secara online.

"Kalau online juga bisa, ada bagiannya di samsat online, nanti akan ada peringatan mulai bulan depan," ujar Yusuf ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Yusuf melanjutkan, peraturan tersebut sifatnya wajib bagi pemilik kendaraan. Hal tersebut  guna memperlancar program tilang elektronik, yang juga mulai diuji coba awal Oktober 2018 di jalan Sudirman-Thamrin.

Baca juga: Tilang Elektronik Tanpa Perlu Ubah Warna Pelat Nomor

"Karena kami butuh data dari pemilik kendaraan tersebut. Apabila melanggar, bukti pelanggaran dan surat tilang akan dikirimkan ke alamat tersebut," ucap Yusuf.

Menurut Yusuf, Polda Metro Jaya menjadi percontohan karena Jakarta itu sebagai ibu kota Indonesia menjadi pusat perhatian banyak orang.

"Harapan kami berhasil, dan kami juga ingin agar program ini bisa dikembangkan juga di daerah lain," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X