Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV buat Tilang Elektronik Dipasang Pekan Depan

Kompas.com - 20/09/2018, 11:22 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirlantas Polda Metro Jaya akan mulai memasang kamera CCTV di Jalan Sudirman-Thamrin, pekan depan. Langkah tersebut demi memperlancar ujicoba program tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement (E-TLE) Oktober 2018.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, pemasangan kamera tersebut akan dilakukan di tempat yang punya potensi kendaraan melakukan pelanggaran lalu lintas, serta di tempat aman.

"Tempatnya di mana saya belum dapat informasi dari tim survei kami, tetapi yang pasti akan bisa mendeteksi kendaraan yang melanggar aturan," ujar Yusuf ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (19/9/2018).

Yusuf menjelaskan, bukan sekedar memasang kamera saja, tetapi satu rangkaian dengan perangkat yang akan terhubung dengan TMC Polda Metro Jaya.

Baca juga: Biar Tak Kena Tilang, Pasang Pelat Nomor Sesuai Aturan

"Jadi nanti kendaraan yang melanggar akan langsung dicek oleh tim kami di TMC, setelah itu jika terbukti melanggar maka akan langsung dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan tersebut," kata Yusuf.

Menurut Yusuf, CCTV yang akan dipasang itu berbeda dengan yang punya Dishub DKI Jakarta, dan Kominfo. Oleh sebab itu ada pengadaan kamera baru.

"Karena yang punya Dishub itu hanya sekedar memantau saja, kalau yang baru ini sudah bisa mengambil gambar dan lain sebagainya," ucap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com