Cara Hilangkan "Kain Kompres" di Kawasaki W175 - Kompas.com

Cara Hilangkan "Kain Kompres" di Kawasaki W175

Kompas.com - 20/09/2018, 09:42 WIB
Pemilik bengkel modifikasi Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa menunjukan posisi pelat depan standar Kawasaki W175 yang seperti kain kompres demam.Screenshot Youtube/arie perkasa Pemilik bengkel modifikasi Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa menunjukan posisi pelat depan standar Kawasaki W175 yang seperti kain kompres demam.

DEPOK, KOMPAS.com - Kawasaki W175 merupakan sepeda motor yang bisa dibilang tengah naik daun. Karena mengusung gaya retro, motor tersebut kini banyak dipakai sebagai basis motor custom.

Namun demikian, ada salah satu kekurangan W175 yang disebut jadi keluhan tersendiri di kalangan penggunanya. Kekurangan tersebut yakni posisi pelat nomor depan yang melekat di depan panel indikator.

Pemilik bengkel modifikasi Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa menyebut, para pemilik W175 yang mengeluh menganggap posisi pelat depan itu seperti kain kompres yang biasa diletakan di kening penderita demam.

"Jadi posisi pelat nomornya seperti orang sakit panas yang dikompres di kepala," kata Arie saat ditemui Kompas.com di bengkelnya, di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018).

Baca juga: Motor Ini Bisa Diubah Jadi Apa Pun, Kali Ini Chopper

Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk.M Ghalib for KompasOtomotif Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk.

Bagi "biker" yang peduli dan taat peraturan lalu lintas, tentu tak mau menyelesaikan masalah dengan hanya menanggalkan pelat. Karena itu, Arie pun memberikan solusi.

Menurut Arie, pelat depan W175 sebenarnya bisa dipindah ke bawah seperti motor sport "naked" pada umumnya. Namun tidak bisa jika masih menggunakan suspensi depan standar.

Pasalnya suspensi depan W175 relatif rendah. Sehingga pemasangan pelat di bagian bawah bisa membentur spatbor depan saat motor dikendarai.

"Kalau mau dipaksakan bisa saja, tapi pelat jadi tidak kelihatan," ujar Arie.

Baca juga: Model Retro Kawasaki W175 Jadi Idola

Pemilik bengkel modifikasi Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa mencontohkan posisi pelat depan ideal untuk Kawasaki W175.Screenshot Youtube/arie perkasa Pemilik bengkel modifikasi Street Arts Custom (SAC) Arie Indra Perkasa mencontohkan posisi pelat depan ideal untuk Kawasaki W175.

Untuk itu, Arie menyarankan pengguna W175 mengganti suspensi asli dengan suspensi yang lebih tinggi. Ia merekomendasikan Yamaha Byson.

"Kalau suspensi Byson lebih tinggi. Jadi posisi pelat bisa dipindah ke bawah dan tidak berbenturan dengan ban," pungkas Arie.

Baca juga: Enteng dan Lincahnya ?Tarian? Kawasaki W175

Selain lebih tinggi, Arie menyebut suspensi Byson juga cocok untuk pemakaian ban besar. Jadi suspensi motor mendukung apabila pemilik sewaktu-waktu ingin memodifikasi tunggangannya.



Close Ads X