Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemoge Hajar Pengemudi, Ingat Pentingnya Jaga Emosi di Jalan Raya

Kompas.com - 19/09/2018, 15:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa road rage atau perkelahian di jalan raya kembali viral di media sosial. Peristiwa tersebut terjadi antara pengemudi mobil dan pengemudi motor besar (moge) yang terjadi di Bandung, Jawa Barat.

Dari rekaman peristiwa yang viral tersebut pengemudi moge menghajar pengemudi mobil. Keterangan video menyebutkan peristiwa terjadi karena pengemudi mobil melawan arah dan menabrak pengemudi moge tersebut.

Kejadian ini pun mengundang beragam komentar warga net. Kebanyakan menyayangkan perilaku main hakim sendiri dari sang pengendara motor terhadap pengemudi mobil.

Instruktur Sentul Driving Course Rudy Novianto mengungkapkan dari kejadian tersebut memang kerap ditemui di masyarakat pengguna jalan Indonesia.

"Luapan emosi saat berkendara ini lazim ditemui. Tapi yang perlu disikapi adalah apakah emosi ini ingin kita salurkan atau kita tahan. Ingat pepatah, menang jadi arang, kalah jadi abu. Sebenarnya hasilnya ya sama-sama kalah," ucap Rudy saat dihubungi Rabu (19/9/2018).

Baca juga: Langkah Tepat Hadapi Perangai Emosional di Jalan Raya

Rudy mengungkapkan berhadapan dengan pengguna jalan lain membutuhkan kedewasaan emosi. Dalam masalah perkelahian di jalan ini yang paling ditakutkan adalah bila pengguna jalan lain juga merupakan tipe yang emosi atau lebih galak dari pemicu masalah.

"Bisa dibayangkan jika lawan membawa senjata api atau senjata tajam. Penyelesaian masalah bisa dengan menghilangkan nyawa lawan," ucap Rudy.

Rudy menjelaskan di jalan raya selain kedewasaan, juga memerlukan kebijaksanaan juga kesabaran dalam menyikapi peristiwa yang terjadi di sekelilingnya. Pengemudi perlu berlatih mengontrol emosi diri untuk menghindari resiko permasalahan dengan pengguna jalan lain.

"Bisa dilakukan dengan pola pikir antisipatif dalam mengemudi. Tidak agresif, berhati-hati, dan perhitungan. Ini akan menurunkan risiko kecelakaan dan masalah lain di jalan raya," ucap Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com