Belajar Teknik Pengereman yang Benar ala Daihatsu

Kompas.com - 19/09/2018, 09:02 WIB
Komunitas Daihatsu sedang Praktik Belajar Mengerem dok.ADMKomunitas Daihatsu sedang Praktik Belajar Mengerem

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu kembali mengajak para komunitas untuk belajar memahami tentang keselamatan berkendara. Tema kali ini, yaitu tentang bagaimana teknik pengereman mobil yang baik dan benar.

Daihatsu Club Auto Clinic tahun kedua ini diikuti 80 peserta dari klub MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), CALSIC (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia), dan ZEC (Daihatsu Zebra Club), Sabtu (15/9/2018) di Karawang, Jawa Barat.

"Melalui teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain," ujar Ben Faqih, Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor dalam siaran resmi, Rabu (19/9/2018).

Baca juga: Awas, Karpet Bisa Ganggu Pedal Gas dan Rem Mobil

Kesempatan kali ini, disampaikan 2 teknik pengereman, yaitu dengan ABS dan non ABS. Berikut adalah teknik-teknik yang dapat digunakan untuk kendaraan non ABS :

1) Teknik Treshold;

Pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci, sehingga ban masih dapat dibelokkan.

2) Teknik Stab;

Pengereman ini bagus dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/tromol dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang dengan secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, juga dapat mencegah ban mengunci, dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli dibidangnya (expert).

3) Teknik Squeeze

Metode pengereman ini mirip dengan pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tapi dengan perlahan.

"Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat," kata Ben.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X