Usai Coating, Mobil Masih Butuh Perawatan

Kompas.com - 18/09/2018, 17:18 WIB
Ilustrasi cuci mobil warna putih Image wisegeek.comIlustrasi cuci mobil warna putih
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat beranggapan bahwa bodi mobil yang sudah dilapisi bahan khusus atau istilahnya coating, tidak perlu melakukan perawatan. Ternyata pemahaman itu salah, sebab untuk memperpanjang umur lapisan itu, sang pemilik masih harus merawatnya.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Christopher Sebastian, CEO & Gounde XTO Indonesia. Menurut dia, kunci setelah melakukan coating, yaitu perawatan.

“Jadi sebaiknya kita tetap melakukan perawatan. Karena kalau tidak, ketahanan coating itu tidak akan maksimal,” ujar Christopher di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018).

Melihat peluang itu, Christopher membawa produk XTO ke Indonesia, agar mempermudah para pemilik mobil yang sudah dilapisi bahan khusus dalam melakukan perawatan. XTO Car Care kali ini membawa tiga varian dalam merawat kendaraan, yaitu coating, auto detailing dan car wash.

Baca juga: Perbandingan Cuci Mobil Robot dengan Tenaga Manusia

“Kalau ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel coating. Jadi bisa langsung merawatnya di rumah,” ucap Christopher.

Produk coating dari XTO memiliki tiga produk unggulan, yaitu Mineral Sapphire Coating, Ceramic Serum Coating dan Glass Essence. Mineral Sapphire, yakni formula teknologi coating tercanggih, yang mempunyai sifat permanen dengan bahan nano sapphire untuk melindungi permukaan cat dari kontaminasi dan goresan, serta menghasilkan kilap yang luar biasa.

Salah satu produk XTO yang diluncurkan KOMPAS.com / Aditya Maulana Salah satu produk XTO yang diluncurkan

Sementara Ceramic Serum merupakan cairan coating yang terbuat dari proses kimia yang hanya menghasilkan bahan keramik pilihan terbaik, sehingga membuat lapisan coating menjadi lebih keras, lebih kuat, lebih tahan lama dan tentunya lebih kilap dari bahan keramik biasanya.

Glass Essence adalah produk coating khusus untuk kaca yang mempunyai banyak manfaat, antara lain untuk menciptakan efek anti air (hydrophobic) sehingga kaca terhindar dari noda kerak air dan jamur, meningkatkan kejernihan pandangan hingga 25 persen serta mengurangi silau di malam hari hingga 40 persen.

Selain itu, XTO juga memiliki produk unggulan untuk proses auto detailing, yaitu Spotless dan Shimmer Interior.

“Spotless adalah cairan penghilang kerak dan jamur di bodi kendaraan, cara pakainya sangat mudah dan singkat, cukup dioles ke panel bodi kendaraan maka seketika kerak dan jamur akan hilang,“ ujar Christopher.

Baca juga: Pilihan Baru Pelindung Cat Mobil di IIMS 2018

Selanjutnya, untuk car wash, terdapat satu produk unggulan XTO, yaitu Nourishing Shampoo. Produk ini untuk kendaraan yang dapat menghasilkan busa yang banyak dan pekat tetapi mempunyai PH balance 7 (tujuh), sehingga kotoran yang menempel akan mudah dibersihkan dan tidak membuat warna cat menjadi kusam.

“Akan masuk semua toko variasi mobil, salon mobil di seluruh Indonesia. Juga kalau dikerjakan sendiri cukup dengan menggunakan lap micro fiber saja,” kata dia.

Selain produk di atas, masih banyak juga pilihan merek lain yang bisa digunakan oleh pemilik mobil yang sudah di coating. Masing-masing merek tersebut punya nilai keunggulan tersendiri. Seperti contoh, HD Care Care, 3D Care Care, hingga 3M pun memiliki produk sejenis.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X