Polisi Segera Pasang CCTV di Jalanan Jakarta

Kompas.com - 18/09/2018, 14:42 WIB
Kamera CCTV. ThinkstockKamera CCTV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya sedang menyiapkan infrastruktur untuk penerapan tilang elektronik/electronic traffic law enforcement (E-TLE). Salah satunya memasang kamera pengintai atau dikenal dengan sebutan CCTV (closed circuit television).

Tahap awal, sesuai dengan rencana uji coba maka pemasangan CCTV itu akan dilakukan di Jalan Sudirman hingga Thamrin, kemudian dilanjutkan ke setiap persimpangan di jalanan Ibu Kota ini.

"Anggota kami sedang ke China untuk menyiapkan peralatannya. Selanjutnya akan dipasang dan diujicoba di jalan itu," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Yusuf melanjutkan, setelah dipasang maka tahapan selanjutnya, yaitu sosialisasi, seperti pemasangan spanduk dan lain sebagainya. Bahkan, sistem kerja polisi lalu lintas yang di jalan pun berbeda.

Baca juga: Tilang Pakai Bukti CCTV, Jakarta Jadi Percontohan

"Anggota akan distafkan membantu NTMC Polda Metro Jaya melakukan perekaman dan penerapan pasal pelanggar, termasuk soal pengantaran surat tilang kepada pelanggar. Kami juga bekerjasama dengan Pos Indonesia untuk pengiriman berkas tilang," kata Yusuf.

Penempatan CCTV itu sendiri, kata Yusuf akan ditempatkann di setiap persimpangan. Harapan dia, bisa menurunkan pelanggaran lalu lintas, serta kecelakaan lalu lintas di Ibu Kota.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X