Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW G310R Mendadak "Anak Pantai"

Kompas.com - 18/09/2018, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber pipeburn


JAKARTA, KOMPAS.com - Datang sebagai model termurah di keluarga BMW Motorrad, bukan berarti G310R tidak bisa tampil maksimal. Dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, motor berdarah India ini juga bisa menjadi suatu karya kustom yang tak bisa dianggap remeh.

Salah satunya seperti kustom G310R hasil garapan Niko, builder Smoked Garage, asal Pulau Dewata, Bali. Menuangkan konsep Scrambler dari model BMW R90 lawas, Niko sukses memberikan kesan baru yang membuat karyanya banyak dibahas media asing, salah satunya Pipeburn.com.

Niko memilih R90 sebagai role model garapannya karena dianggap konsep Scrambler tidak pernah lekang oleh waktu. Selain itu, basis G310R juga lebih ramping dan lebih fleksibel untuk diajak menjelajah pantai-pantai di Bali.

Baca juga: BMW G310 Flat Tracker Berbungkus Karbon


Meski demikian, tidak semua semua dibuat serupa, ada beberapa sektor yang dibuat dengan sentuhan-sentuhan terkini untuk mengimbangi kesan modern dari G310R. Contoh seperti speedometer standar yag tetap dipertahankan namun posisinya digeser dekat kemudi.

Fokus utama pada rancang bangun yang dikerjakan lebih ke masalah visual. Beberapa sektor diganti menggunakan perangkat yang dibuat sendiri, mulai dari tangki bahan bakar dengan desain kotak yang ramping pada bagian sisi, sampai jok single seater yang dibuat memanjang.

BMW G310R hasil kustom Smoked Garage, Bali.Pipeburn.com BMW G310R hasil kustom Smoked Garage, Bali.

Sedangkan untuk sektor depan, selain setang dan kustom headlamp, semuanya masih menggunakan perangkat bawaan pabrik. Mulai dari sok upside down berkelir emas, pelek casting, sampai mono sok pada sektor belakang.

Baca juga: Harley Dyna Berkamuflase Nuansa Kustom Oldschool

Tampilannya dibuat telanjang dengan melepas seluruh bodi standar, termasuk sampai menata kembali kabel-kabel agar auranya lebih resik. Tidak hanya situ, airbox dan fuel pump juga ikut digarap ulang untuk mengejar kesan proper.

BMW G310R hasil kustom Smoked Garage, Bali.Pipeburn.com BMW G310R hasil kustom Smoked Garage, Bali.

Perubahan lain yang dilakukan berada pada sekor belakang. Agar kelengkapan berkendara tetap terpenuhi tanpa menabrak estetika Scrambler, mana Niko merekayasa stoplamp menggunakan LED yang dilokasikan di lekukan jok yang menyatu dengan sasis belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber pipeburn
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com