Cara Aman Komunitas JMC saat Touring Jarak Jauh

Kompas.com - 17/09/2018, 08:30 WIB
Deretan mobil Mini Cooper dari berbagai jenis yang berkumpul untuk merayakan hari jadi ke-25 Jakarta Morris Club (JMC) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018) pagi. Kompas.com/Alsadad RudiDeretan mobil Mini Cooper dari berbagai jenis yang berkumpul untuk merayakan hari jadi ke-25 Jakarta Morris Club (JMC) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018) pagi.
Penulis Alsadad Rudi
|

 
JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil klasik sejatinya adalah mobil tua dengan usia pakai cukup lama. Biasanya semakin tua usia mobil, maka semakin besar pula potensi masalah mesin saat dipakai di perjalanan. 
 
Sadar akan konsekuensi tersebut, komunitas Jakarta Morris Club (JMC) kini menggandeng Asuransi Adira untuk layanan darurat di perjalanan, misalnya saat touring jarak jauh. Dengan adanya kerja sama ini, maka mobil-mobil Mini Cooper klasik anggota JMC bisa dibantu apabila mengalami kejadian tak terduga di jalan, contohnya mogok.
 
Selaku perwakilan PT Asuransi Adira Dinamika, Area Head Jakarta Syariah Michael Kasakeyan menyatakan, layanan yang akan diberikan kepada para anggota JMC mencakup tiga hal, yakni layanan mobil gendong atau towing, perbaikan kerusakan terhadap pihak ketiga, dan asuransi kecelakaan.
 
 
Deretan mobil Mini Cooper dari berbagai jenis yang berkumpul untuk merayakan hari jadi ke-25 Jakarta Morris Club (JMC) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018) pagi.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil Mini Cooper dari berbagai jenis yang berkumpul untuk merayakan hari jadi ke-25 Jakarta Morris Club (JMC) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018) pagi.
 
"Jadi untuk member JMC misalnya terjadi masalah di jalan, bisa dibantu towing dari Adira Insurance. Karena kan kadang kita tidak tahu ada kendala apa di jalan," kata Michael saat ditemui di sela-sela peringatan HUT ke-25 JMC di TMII, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018).
 
Menurut Michael, layanan bantuan tidak akan mencakup perbaikan terhadap masalah pada mesin. Sebab sesuai regulasi, layanan tersebut hanya bisa untuk mobil berusia maksimal 8 tahun (all risk), dan 15 tahun (total lost only). Sedangkan kebanyakan Mini Cooper klasik adalah mobil yang diproduksi pada era 1960-an.
 
"Makanya yang akan kita bantu mencakup tiga jaminan, masing-masing layanan towing, perbaikan terhadap mobil pihak ketiga misalnya terserempet di jalan (oleh mobil anggota JMC), dan kecelakaan diri," kata Michael.
 
 
Deretan mobil Mini Cooper dari berbagai jenis yang berkumpul untuk merayakan hari jadi ke-25 Jakarta Morris Club (JMC) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018) pagi.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil Mini Cooper dari berbagai jenis yang berkumpul untuk merayakan hari jadi ke-25 Jakarta Morris Club (JMC) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018) pagi.
 
Selain Adira, layanan darurat juga ditawarkan Asuransi Astra. Layanan ini diberi nama Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA). Asuransi Astra menyatakan Garda Siaga ERA adalah layanan bantuan darurat di jalan raya bagi pelanggan Garda Oto dengan waktu operasional 24 jam.
 
Garda Siaga ERA dilengkapi tiga jenis armada, yaitu mobil derek, mobil gendong, dan sepeda motor dengan teknologi terbaru seperti penggunaan mesin hidrolik dan keamanan yang lebih terjamin. 
 
 
"Dengan wilayah cakupan yang luas, tim Garda Siaga disiapkan untuk membantu pelanggan saat mengalami kondisi darurat seperti ban kempis, pintu mobil terkunci dari dalam, mogok, hingga kecelakaan," tulis keterangan di laman resmi Asuransi Astra. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X