Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMOS 2018 Angkat Tema "Indonesia Future Technology"

Kompas.com - 14/09/2018, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran sepeda motor Indonesia Motorcycle Show (IMOS) siap dihelat pada 31 Oktober hingga 4 November 2018. Tahun ini, IMOS akan mengusung tema "Indonesia Future Technology" dengan menampilkan sejumlah deretan terobosan baru dalam industri roda dua.

"Teknologi selalu menjadi isu menarik di industri sepeda motor karena akan mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan kepraktisan berkendara penggunannya. IMOS 2018 akan menghadirkan teknologi terkini untuk kemajuan industri motor Indonesia," ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman dalam siaran resminya, Kamis (13/9/2018).

Melalui IMOS 2018, Loman berharap bisa menjadi ajang bagi pera pelaku industri motor untuk bersama-sama menciptakan pasar yang sehat. Dengan mengikut sertakan industri kecil dan menegah yang menjadi komponen pendukung, maka akan membuat pasar makin tumbuh yang berpeluang menyerap tenaga kerja makin besar.

Baca juga: Jualan Sepeda Motor Januari-Mei 2018 Masih Positif

Tidak hanya itu, saat ini industri motor juga sudah berkontribusi positif pada sektor ekspor ke manca negara. Berdasarkan data AISI, pada periode Januari hingga Juni 2018, terjadi lonjakan ekspor yang cukup signifikan, yakni sebesar 43,5 persen, atau dari 185.093 unit di 2017 menjadi 265.662 unit.

Booth Kawasaki di IMOS 2016.Ghulam/KompasOtomotif Booth Kawasaki di IMOS 2016.

Kondisi ini dikarena beberapa faktor, mulai dari industri motor domestik yang makin kompetitif, pasar baru ekspor sepeda motor ke Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Latin, sampai pertumbuhan signifikan ekonomi negara tujuan ekspor akibat kuatnya nilai tukar Dollar AS terhadap rupiah beberapa bulan terakhir. Kondisi tersebut dinilai menyebabkan harga motor buatan Indonesia makin kompetitif di pasar internasional.

Baca juga: Gandeng Shopee, Parjo Cari Motor Custom Terbaik di PRI

"Sampai saat ini Indonesia masih menjadi pasar motor terbesar ketiga setelah India dan China. Penjualan motor di Indonesia tahun ini diperkirakan akan menembus angka 6 juta unit. Sementara penjualan di pasar domestik pada semester pertama 2108 meningkat 11,19 persen dengan total penjualan sebanyak 3 juta unit," ujar Loman.

Masih sama dengan tahun sebelumnya, IMOS akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dengan menempati lahan seluas 10.500 meter persegi. Total ada 60 merek yang akan hadir, mulai dari produk yang tergabung di AISI, yakni Honda, Suzuki, Yamaha dan TVS, sampai merek di luar AISI seperti SYM, Royal Enfield, KTM, Vespa dan Piaggio, serta beberapa merek lain pendukung otomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com