Setiap Hari Ada 1.500 Kendaraan Baru di Jakarta

Kompas.com - 13/09/2018, 12:42 WIB
Ilustrasi kemacetan ibukota. SHUTTERSTOCKIlustrasi kemacetan ibukota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan bahwa pertumbuhan kendaraan baru di Jakarta setiap hari mencapai 1.500 unit. Hasil tersebut berdasarkan data dari dinas pajak di Ibu Kota.

Andri menjelaskan, paling besar disumbangkan oleh sepeda motor dengan jumlah 1.200 unit, dan roda empat atau lebih sekitar 300 unit per unit.

"Maka tidak salah kalau ketika keluar rumah, bertemu dengan jalan langsung macet. Pertumbuhan kendaraannya saja begitu tinggi, itu data dari pajak," ujar Andri di acara Forum Group Discussion di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Baca juga: Dishub Cari Solusi Soal Parkir Wajib di Garasi

Oleh sebab itu, Andri juga mendukung Polda Metro Jaya untuk segera melakukan penegakan hukum lalu lintas secara elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Sebab, lalu lintas itu merupakan urat nadi dari suatu wilayah.

"Kalau bisa diatur dengan baik, maka kondisi lalu lintas hingga pelanggaran lalu lintas bisa dipantau dengan baik," kata Andri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum lagi, ke depan akan diberlakukan jalan berbayar di sejumlah jalan di Jakarta seperti Jenderal Sudirman, hingga Medan Merdeka Barat.

"Sekarang ini masih dalam tahap lelang, semoga November 2018 ini sudah dapat pemenangnya sehingga ERP ini bisa segera diberlakukan juga," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.